PELAYANAN GURU KELAS TERHADAP SISWA LAMBAN BELAJAR (Studi Kasus di Kelas III B SD Negeri Tenjoayu Cicurug)

Sapitri, Anisa Dhea (2020) PELAYANAN GURU KELAS TERHADAP SISWA LAMBAN BELAJAR (Studi Kasus di Kelas III B SD Negeri Tenjoayu Cicurug). Diploma thesis, Universitas Djuanda.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)

Abstract

Anisa Dhea Sapitri. NIM : H.1610015 Pelayanan Guru Kelas Terhadap Siswa Lamban Belajar. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelayanan Guru Kelas Terhadap Siswa Lamban Belajar. Penelitian ini dilakukan di SDN Tenjoayu Cicurug Kabupaten Sukabumi. Menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan guru kelas terhadap siswa lamban belajar di kelas III B SDN Tenjoayu Cicurug mencakup 3 hal, yaitu: (1) Layanan pendidikan guru kelas dalam hal modifikasi alokasi waktu yang belum terlaksana dengan maksimal, yaitu guru kelas telah melakukan pemberian tambahan waktu untuk penyelesaian tugas pada siswa lamban, namun belum memberikan tambahan jam suatu mata pelajaran untuk siswa lamban belajar; (2) Layanan pendidikan guru kelas dalam hal modifikasi isi atau materi belum terlaksana, yaitu guru kelas belum melaksanakan penurunan tingkat kesulitan materi suatu mata pelajaran dan belum melaksanakan pengurangan atau penghilangan materi tertentu untuk siswa lamban belajar; (3) Layanan pendidikan guru kelas dalam hal modifikasi proses belajar mengajar telah terlaksana dengan baik, kecuali dalam hal analisis tugas guru kelas memberikan tugas yang sama antara siswa lamban belajar dan siswa lainnya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan guru kelas terhadap siswa lamban belajar di kelas III B SDN Tenjoayu Cicurug dalam hal modifikasi proses belajar mengajar telah terlaksana dengan baik, namun secara keseluruhan pelayanan ini belum terlaksana secara maksimal. Kata kunci: Layanan Guru Kelas, Pendidikan Dasar, Siswa Lamban Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 05 Oct 2021 03:23
Last Modified: 05 Oct 2021 03:23
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1027

Actions (login required)

View Item View Item