PENGARUH METODE MENULIS BERANTAI (ESTAFET WRITING) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DI KELAS IV SDN CARINGIN 02

Diwansyah, Asmirul (2020) PENGARUH METODE MENULIS BERANTAI (ESTAFET WRITING) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DI KELAS IV SDN CARINGIN 02. Diploma thesis, Universitas Djuanda.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)

Abstract

Asmirul Diwansyah. NIM:H.1610111. Pengaruh Metode Menulis Berantai (Estafet Writing) Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi di SDN Caringin 02. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. 2016. Keterampilan menulis merupakan cara mengelola pemikiran, ide, perasaan dan kemudian diaplikasikan atau dituangkan melalui karya tulisan yang dapat dinikmati banyak orang. Salah satu upaya meningkatkan keterampilan menulis dengan menggunakan metode menulis berantai, metode menulis berantai adalah bagian dari metode active learning atau learning by doing yaitu kegiatan pembelajaran yang tidak membosankan sehingga peserta didik menjadi senang dalam menerima materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode menulis berantai terhadap keterampilan menulis deskripsi peserta didik di Kelas IV SDN Caringin 02 Kecamatan Bogor. Sampel penelitian ini sebanyak 46 peserta didik dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan juga kelompok kontrol. Dalam penelitian ini menggunkaan jenis penelitian Kuantitatif, metode Quasi eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa metode menulis berantai (estafet writing) memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi peserta didik kelas IV SDN 02 Caringin Bogor, yang dibuktikan dari hasil uji independent sample t test dengan nilai signifikansi 0,010 ≤ 0,05 Kata Kunci: Keterampilan Menulis dan Metode Menulis Berantai (Estafet Writing)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 05 Oct 2021 03:25
Last Modified: 05 Oct 2021 03:25
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1028

Actions (login required)

View Item View Item