Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Kepemimpinan Peserta Didik Kelas V SDN Kemang 02

Desti, Chintya (2020) Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Kepemimpinan Peserta Didik Kelas V SDN Kemang 02. Diploma thesis, Universitas Djuanda.

[img]
Preview
Text
JUDUL HALAMAN.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)

Abstract

Chintya Desti C. NIM: H.1610757. Penelitian ini berjudul Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Kepemimpinan Peserta Didik Kelas V SDN Kemang 02. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter kepemimpinan peserta didik kelas V SDN Kemang 02. Latar belakang permasalahan penelitian ini yakni kurangnya kegiatan sekolah terhadap ekstrakurikuler pramuka dan karakter kepemimpinan pada anak. Dalam penelitian ini ekstrakurikuler pramuka dan karakter kepemimpinan pada peserta didik menggunakan instrumen angket. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Korelasi fungsional. Penelitian ini bersifat tidak adanya pengaruh, sampel penelitian ini sebanyak 47 peserta didik kelas V. Instrumen penilaiaan dan angket telah memenuhi estimasi uji validitas dan reliabilitas yang telah ditetapkan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis persamaan regresi, koefisien determinasi dan uji signifikansi. Adapun persentase pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter kepemimpinan sebesar 16%, sedangkan 84% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji pada penelitian kali ini. Faktor lainnya peserta didik kelas V di SDN Kemang 02 belum sepenuhnya menerapkan karakter yang ada pada indikator karakter kepemimpinan. Dan faktor internal seperti insting atau naluri, adat atau kebiasaan dan kehendak atau kemauan. Serta, faktor eksternal pendidikan dan lingkungan yang ada pada peserta didik masih kurang. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak adanya pengaruh signifikan ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter kepemimpinan peserta didik kelas V di SDN Kemang 02. Hal ini dapat diperoleh melalui perhitungan analisis uji signifikansi yang menghasilkan thitung (0,855) < ttabel (2,021) maka H0 diterima dan Hi ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter kepemimpinan peserta didik. Kata Kunci: Ekstrakurikuler pramuka, karakter kepemimpinan, peserta didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 05 Oct 2021 03:36
Last Modified: 05 Oct 2021 03:36
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1031

Actions (login required)

View Item View Item