PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS V DI SDIT ASYSYIFA QOLBU

Julda, Dieni Madaniah (2020) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS V DI SDIT ASYSYIFA QOLBU. Diploma thesis, Universitas Djuanda.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)

Abstract

Dieni Madaniah Julda. NIM : H.1610975 Pengaruh Gaya Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam pembelajaran Tematik mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas V di SDIT ASY-SYIFA QOLBU. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor, 2020. Proses di dalam kelas kurang meningkatkan motivasi siswa, terutama dalam pembelajaran Tematik materi Bahasa Indonesia. Guru masih menggunakan gaya mengajar secara monoton dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Sehingga pembelajaran dikelas tidak ada motivasi siswa dalam belajar untuk memahami materi Bahasa Indonesia sangat sulit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasi fungsional dengan sampel penelitian berjumlah 55 siswa dalam 2 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket . teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian yang diperoleh Gaya Mengajar Guru dengan skor rata-rata 85,56, median 86, modus 91, simpang baku (standar Deviasi)) 5.990, variance 35,880 Rentang skor (Range) 24, skor terendah 75, skor tertinggi 99, dan jumlah skor 4706. Dan Motivasi belajar siswa dengan skor rata-rata 84,52, median 84, modus 81, simpang baku (standar Deviasi)) 6,11269, variance 37,356 Rentang skor (Range) 26, skor terendah 73, skor tertinggi 99, dan jumlah skor 4649. Signifikansi korelasi diperoleh nilai rhitung sebesar 0,879 jika dikonsultasikan dengan rtabel pada tingkat signifikansi 0,05: N (Jumlah Responden-2) = 53, maka hasil yang diperoleh untuk rtabel adalah 0,879 maka dapat dikategorikan adanya hubungan yang positif dan sedang antara Gaya Mengajar Guru memberikan penguatan dengan Motivasi Belajar Siswa. Berdasarkan pengujian nilai koefisien determinasi didapat koefisien determinasi pada variabel X (Gaya Mengajar Guru) dan Y (Motivasi Belajar Siswa) sebesar 77,3% itu berarti ada sekitar 22,7% Motivasi Belajar Siswa yang terdapat hubungan oleh sumber lain (variabel lain). Kata Kunci : Motivasi Belajar Siswa, Gaya Mengajar Guru, Tematik, B. Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 06 Oct 2021 01:47
Last Modified: 06 Oct 2021 01:47
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item View Item