PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI KELAS III SDN 03 DAMAR BELITUNG TIMUR

HILFANA, MANISYAH (2020) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI KELAS III SDN 03 DAMAR BELITUNG TIMUR. Diploma thesis, Universitas Djuanda.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)

Abstract

Tujuan dari penulisan laporan tugas akhir skripsi ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Peningkatan Karakter percaya Diri peserta didik di kelas III SD Negeri 03 Damar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III A SD Negeri 03 Damar Kabupaten Belitung Timur. Di SD Negeri 03 Damar masih terdapat beberapa peserta didik yang menunjukan rasa kurang percaya diri yang dilihat dari hasil observasi, wawancara dan pengisian angket. Kurang rasa percaya diri peserta didik juga dilihat dari kurang berani untuk tampil didepan, malu mengemukakan pendapat, dan memiliki keyakinan diri yang rendah. Teknik dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui hasil dari teknik pengambilan angket atau instrumen, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini sebesar 27 peserta didik. Metode yang digunakan dalam metode ini adalah metode korelasi fungsional. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat pengaruh metode bercerita dengan karakter percaya diri peserta didik. Hasil data yang telah dianalisis menghasilkan korelasi atau hubungan sebesar 0,204 dan koefisien determinasi sebesar 0,042 yang artinya terdapat pengaruh dari variabel bebas (metode bercerita) terhadap variabel terikat (percaya diri) sebesar 0,042 x 100 = 4,2 %. Dan berdasarkan pada uji t dengan bahwa t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu 1,041 > 2,06 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh antara metode bercerita terhadap karakter percaya diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:54
Last Modified: 08 Oct 2021 01:54
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item