Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Belajar Matematika Siswa kelas IV SD

Safitri, Nur Adhila (2020) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Belajar Matematika Siswa kelas IV SD. Diploma thesis, Universitas Djuanda.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)

Abstract

Nur Adhila Safitri. Nim: H.1610075 Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Belajar Matematika Siswa kelas IV SD. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang menyangkut software dan hardware yang dapat digunakan untuk menyampaikan isi materi ajar dari sumber pembelajaran kepada peserta didik (individu atau kelompok) yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat pembelajaran sedemikian rupa sehingga proses pembelajaran (di dalam/di luar kelas) menjadi lebih efektif. Media pembelajaran ini sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, sehingga guru lebih bervariasi dalam menyampaikan materi, pembelajaran tidak monoton, siswa lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Siswa tidak hanya diajarkan mengenai pembelajaran saja, tetapi siswa juga diajarkan bagaimana cara agar menjadi manusia yang berfikir kritis dalam belajar matematika. Matematika juga berperan dalam membentuk dan mengembangkan kemampuan berpikir nalar, logis, sistematis dan kritis (Sulistiani & Masrukan,2016,hal606). Berdasarkan Fakta yang ada Masih terdapat 44,8% dari 45 siswa yang memperoleh nilai Matematika dibawah KKM (Nilai KKM 70), 66,66 % terdapat 31 Siswa tidak memberikan tanggapan ketika guru bertanya, 55,55% Siswa tidak menjawab pertanyaan atau soal dikarenakan siswa tidak paham dan mengerti soal, 55,55% terdapat 37 siswa tidak mau bertanya kepada gurunya, 77,77% terdapat 26 Siswa memilih untuk tidak mengerjakan soal dan tidak berinisiatif menyelesaikan masalah atau soal yang belum paham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media visual gambar terhadap berpikir kritis siswa pada pelajaran Matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 32 siswa yang ada dalam satu kelas. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik (Tes, Observasi, dan Dokumentasi). Adapun analisis yang digunakan yaitu analisis statistik, deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis independent-test, Kemampuan berpikir kritis diperoleh signifikansi hitung yaitu 0,000≤ 0,05. Berdasarkan hasil penelitian Data Pretest Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelompok eksperimen terdapat skor tertinggi yaitu 100 dan skor terendah yaitu 44 dengan jumlah skor sebesar 1163, dan memperoleh skor rata-rata 72,6875 dan varians dengan 301,429 dan hasil penelitian Data Pretest Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelompok Kontrol terdapat skor tertinggi yaitu 85 dan skor terendah yaitu 44 dengan jumlah skor sebesar 1047, dan memperoleh skor rata-rata 65,4375 dan varians dengan jumlah 181,729. Sedangkan Data Postest Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelompok eksperimen terdapat skor tertinggi yaitu 100 dan skor terendah yaitu 80 dengan jumlah skor sebesar 1452, dan memperoleh skor rata-rata 90,75 dan varians dengan 59,533 dan Data Postest Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelompok kontrol terdapat skor tertinggi yaitu 85 dan skor terendah yaitu 52 dengan jumlah skor sebesar 1140, dan memperoleh skor rata-rata 90,75 dan varians dengan 112,333. Dari analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat ii pengaruh pada penggunaan media pembelajaran visual terhadap kemampuan berpikir kritis belajar matematika siswa kelas IV Kata Kunci : Media Pembelajaran Visual,Berpikir Kritis, Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 08 Oct 2021 02:29
Last Modified: 08 Oct 2021 02:29
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item View Item