PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STICK BOARD PORTABLE (SBP) UNTUK PENCAPAIAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA TUNARUNGU TINGKAT SEKOLAH DASAR LUAR BIASA

Hackym, Putri Halimah Noor (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STICK BOARD PORTABLE (SBP) UNTUK PENCAPAIAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA TUNARUNGU TINGKAT SEKOLAH DASAR LUAR BIASA. Diploma thesis, Universitas Djuanda.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Putri Halimah Noor Hackym. NIM: H.1610470 Pengembangan Media Pembelajaran Stick Board Portable dalm Pencapaian Matematika Siswa Tunarungu Tingkat Sekolah Dasar. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2020. Media Matematika adalah benda yang bersifat konkret untuk memperagakan konsep matematika yang dapat membantu merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan daya tarik siswa sehingga dapat mendorong proses pembelajaran lebih efektif dan efisien. Stick Board Portable merupakan salah satu media matematikan yang dapat memperagakan materi perkalian hasil dua angka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media Stick Board Portable pada materi perkalian hasil dua angka, sehingga diketahui: (1) langkah-langkah pengembangan media pembelajaran Stick Board Portable pada maeri perkalian hasil dua angka bagi siswa tunarungu, (2) Kevalidan dan Kepraktisan media Stick Board Portable pada materi perkalian hasil dua angka bagi siswa tunarungu. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D)dengan menguji kevalidan dan kepraktsan produk. Penelitian ini mengadopsi model penelitian dan pengembangan dai Borg and Gall yang meliputi potensi dan penyimpuan data, perencanaan, desain Produk, validasi produk, dan revisi produk. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, validasi produk oleh ahli media, validasi produk oleh ahli materi, validasi produk oleh 3 guru. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Stick Board Portable valid dan praktis digunakan pada materi perkalian hasil dua angka. Hasil evaluasi oleh ahli media menunjukkan presentase keidealan produk sebesar 70 % dengan kategori cukup valid, oleh ahli materi menunjukkan presentase keidealan produk sebesar 94% dengan kategori sangat valid, oleh guru menunjukkan presentase keidealan produk sebesar 84% dengan kategori praktis. Kata kunci: media, Stick Board Portable, matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 08 Oct 2021 02:46
Last Modified: 08 Oct 2021 02:46
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item View Item