PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DI GUGUS III KECAMATAN CARINGIN

Nurlaeliah, Riska (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DI GUGUS III KECAMATAN CARINGIN. Diploma thesis, Universitas Djuanda.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Riska Nurlaeliah. NIM: H.1610139. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar di Gugus III Kecamatan Caringin. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar, mengetahui signifikansi pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar, serta mengetahui signifikansi pengaruh kecerdasan emosional dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik sekolah dasar di gugus III Kecamatan Caringin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif jenis korelasi fungsional dengan analisis regresi berganda, dengan sampel sebanyak 157 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan kuesioner dengan instrumen berupa pedoman wawancara dan juga skala psikologi masing-masing variabel (motivasi belajar, kecerdasan emosional dan perhatian orang tua). Berdasarkan hasil uji t variabel kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar didapat nilai thitung > ttabel (5,065 > 1,960), maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh secara parsial dari kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar peserta didik Sekolah Dasar di Gugus III Kecamatan Caringin. Lalu untuk uji t variabel perhatian orang tua terhadap variabel motivasi belajar didapat nilai thitung > ttabel (5,411 > 1,960), maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh secara parsial dari perhatian orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik Sekolah Dasar di Gugus III Kecamatan Caringin. Sementara itu, untuk uji F variabel kecerdasan emosional dan variabel perhatian orang tua terhadap motivasi belajar didapat nilai Fhitung > Ftabel (50,37 > 19,49), maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh secara simultan dari kecerdasan emosional dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik Sekolah Dasar di Gugus III Kecamatan Caringin. Kata Kunci: motivasi belajar, kecerdasan emosional, perhatian orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 08 Oct 2021 06:43
Last Modified: 08 Oct 2021 06:43
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1098

Actions (login required)

View Item View Item