STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS III SDN KERTAMAYA

Santi, Santi (2020) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS III SDN KERTAMAYA. Diploma thesis, Universitas Djuanda.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Santi. NIM. H.1610313. Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas III SDN Kertamaya. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020 Strategi mengajar adalah tindakan guru dalam melaksanakan rencana mengajar. Artinya, usaha guru dalam menggunakan beberapa variabel pengajaran (tujuan, bahan, metode dan alat, serta evaluasi) agar dapat mempengaruhi siswa untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar membaca pada siswa kelas III SDN Kertamaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian (Studi Kasus) kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, digunakan untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas III. Serta metode dokumentasi untuk mendapatkan data-data seperti, struktur organisasi, jumlah siswa, serta kelengkapan sarana prasarana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) Strategi yang guru berikan yakni dengan memberikan pelayanan bimbingan khusus kepada siswa, dan menerapkan strategi membaca permulaan. (2) Hambatan dalam penerapan strategi yang dialami guru , yaitu : sikap siswa terhadap belajar, motivasi belajar, kesiapan siswa dalam belajar, dan konsentrasi belajar siswa. (3) Faktor kesulitan membaca, diantaranya: faktor lingkungan, faktor intelektual, dan faktor psikologis. Kegunaan penelitian ini yaitu, dapat dijadikan sumber bahan yang penting bagi para peneliti khususnya di bidang pendidikan, serta dapat memperkaya khazanah keilmuan khususnya mengenai strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca. Kata Kunci : Strategi Guru, Kesulitan Membaca,Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 08 Oct 2021 06:51
Last Modified: 08 Oct 2021 06:51
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1099

Actions (login required)

View Item View Item