HUBUNGAN KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI PURASEDA 01

Gumelar, Tresna Fitri (2020) HUBUNGAN KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI PURASEDA 01. Diploma thesis, Universitas Djuanda.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
3. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)

Abstract

Tresna Fitri Gumelar. NIM : H.1611212 Hubungan Kecerdasan Linguistik dengan Keterampilan Menulis pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Puraseda 01. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Kecerdasan linguistik merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan berbahasa atau berkomunikasi, baik dengan berbicara (lisan) ataupun menulis (tulisan). Penelitian kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis pada siswa kelas 5 SD Negeri Puraseda 01 disajikan dalam jenis penelitian kuantitatif, model penelitian korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis siswa melalui karangan narasi berdasarkan aspek apa, kapan, dimana, siapa, mengapa dan bagaimana, pada pembelajaran tematik tema 7 semester genap. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas 5 SD Negeri puraseda 01, yaitu sebanyak 29 orang diantaranya 13 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan, sesuai jumlah siswa yang ada dalam satu kelas. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, tes kecerdasan linguistik dan tes unjuk kerja keterampilan menulis, dan dokumentasi. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi 25. Setelah data dinyatakan berdistribusi normal dan linear, maka dilanjutkan pada uji regresi sederhana variabel X (kecerdasan linguistik) dengan variabel Y (keterampilan menulis) untuk mengetahui hubungan antar variabel tersebut. Didapat nilai korelasi/hubungan yaitu sebesar 0,040. Data tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,040 <alpha 0,05 artinya variabel X berhubungan terhadap variabel Y. Sedangkan nilai derajat hubungan pada uji korelasi ini sebesar 0,384 yang menunjukkan bahwa angka diantara nilai pearson correlation 0,21 s/d 0,40 atau nilai tersebut berada dibawah nilai 0,40 yang artinya derajat hubungan pada uji korelasi variabel kecerdasan linguistik dan keterampilan menulis pada penelitian ini menunjukkan tingkat korelasi rendah. Demikian hasil akhir untuk nilai perbandingan r hitung dengan r tabel sebagaimana pada hasil analisis untuk uji hipotesis yang dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan berdasarkan pada nilai r hitung = 0,384 dan rtabel = 0,367 pada taraf signifikan 5% didapatkan bahwa rhitung >rtabel atau 0,384> 0,367, maka Ha diterima dan H ditolak. Kata kunci: kecerdasanlinguistik(bahasa), keterampilan menulis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 08 Oct 2021 07:03
Last Modified: 08 Oct 2021 07:03
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1103

Actions (login required)

View Item View Item