MENINGKATKANKETERAMPILAN MEMBACACEPAT SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN TAJUR 01

Wanda, Permatasari Arista (2020) MENINGKATKANKETERAMPILAN MEMBACACEPAT SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN TAJUR 01. Diploma thesis, Universitas Djuanda.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ASTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)

Abstract

Permatasari Arista, Wanda. NIM: H.1711370 Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa dengan Menggunakan metode Speed Reading pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN Tajur 01. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia pada hakikatnya adalah membelajarkan peserta didik tentang keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan tujuan dan fungsinya. Berdasarkan fakta yang ada, penyebab masalah dalam pembelajaran yang dihadapi siswa kelas V SDN Tajur 01 dalam membaca yaitu masih banyak siswa yang belum lancar membaca yaitu masih membaca menggunakan suku kata dan belum bisa membaca cepat karena guru dikelas tersebut belum pernah menerapkan metode SQ3R dalam pembelajaran bahasa indonesia dan guru masih menerapkan membaca dengan menggunakan satu suku kata dan belum bisa membaca dengan cepat dan memahami isi bacaan dengan cepat. Ada beberapa metode membaca yang telah dikembangkan danditerapkan dalam berbagai penelitian, salah satunya adalah metode SQ3R. SQ3R adalah singkatan dari Survey – Question – Read – Recite - Review (SurveiPertanyaan-Membaca-Menceritakan-Meninjau). Metode SQ3R merupakan suatu sistem belajar yang terkenal secara luas yang mudah di adaptasikan dengan tugastugas membaca. Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa nilai presentase hasil kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa indonesia demgan menggunakan metode SQ3R pada siklus I diketahui bahwa sebanyak 19 siswa tuntas belajar nya (61,2%). Sedangkan 12 siswa tidak tuntas (38,7%). Lalu pada siklus II diketahui jumlah siswa sebanyak 27 siswa tuntas (87,0%). Sedangkan 4 siswa tidak tuntas (12,9%). Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus I (61,2%) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi (87,0%). Dari hasil penelitian tindakan kelas melalui siklus I sampai siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan bacaan dan soal teks melalui tema wujud benda dan ciri nya pada pembelajaran bahasa indonesia dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia dan aktvitas siswa kelas V SDN Tajur 01 Bogor. Kata kunci : Keterampilan Membaca, Bahasa Indonesia, Metode SQ3R

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 08 Oct 2021 07:12
Last Modified: 08 Oct 2021 07:12
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1106

Actions (login required)

View Item View Item