PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN NEGLASARI 02

Megalia, Yayu Selvia (2020) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN NEGLASARI 02. Diploma thesis, Universitas Djuanda.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI YAYU SELVIA MEGALIA H. 1611331.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
2. BAB I SKRIPSI YAYU SELVIA MEGALIA H. 1611331.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
3. BAB II SKRIPSI YAYU SELVIA MEGALIA H. 1611331.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
4. BAB III SKRIPSI YAYU SELVIA MEGALIA H. 1611331.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
4. BAB IV SKRIPSI YAYU SELVIA MEGALIA H. 1611331.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
5. BAB V SKRIPSI YAYU SELVIA MEGALIA H. 1611331.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)

Abstract

Yayu Selvia Megalia. NIM: H. 1611331. Pengaruh Lingkungan Belajar Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SDN Neglasari 02. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III SDN Neglasari 02. Latar belakang permasalahan penelitian ini di SDN Neglasari 02 yakni lingkungan belajar sekolah dalam motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari lingkungan belajar sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bersifat adanya hubungan, sampel peneliti 20 orang peserta didik. Instrument telah memenuhi estimasi uji validasi dan realiabilitas yang ditetapkan. Data dianalisis menggunakan teknik koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji signitifikan untuk melihat hubungan signitifikan. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian di lapangan, kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 16.0. Hasil pengujian signifikansi korelasi dengan uji product moment menunjukan t hitung > t tabel dari hasil uji tersebut di peroleh t hitung = 5,389dan t tabel = 1,734, dengan demikian maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil pengujian person correlation pada variabel X dan Y sebesar 64,4 %. Dengan demikian terdapat konstribusi variabel lingkungan belajar terhadap motivasi belajar sebesar 64,4 % dan 35,6 % berhubungan dengan faktor lain. Untuk mengetahui korelasi positif antara lingkungan belajar dan motivasi belajar peserta didik SDN Neglasari 02 Kecamatan Dramaga telah dianalisis dengan menggunkan korelasi product moment dengan menghasilkan nilai 0.681. berdasarkan rentang nilai koefisien korelasi di atas, maka dapat ditafsirkan bahawa tingkat korelasi antara lingkungan belajar terhadap motivasi belajar peserta didik SDN Negalasari 02 Kecamatan Dramaga tergolong signitifikan. Kata kunci: lingkungan, belajar, sekolah, motivasi, Peserta didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 08 Oct 2021 07:22
Last Modified: 08 Oct 2021 07:22
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1109

Actions (login required)

View Item View Item