Ningsih, Yosan Alfia (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Diploma thesis, Universitas Djuanda.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (472kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) |
Abstract
Yosan Alfia Ningsih. NIM : H.1611026 Pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Parakan 01. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Posttest-Only Control Design dengan jumlah siswa kelas eksperimen sebanyak 23 siswa dan kelas kontrol 23 siswa. Analisis data diambil dari hasil ulangan siswa dan hasil belajar siswa melalui posttest yang dilanjutkan analisis uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas III SDN Parakan 01 menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 67,17 dan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,74. Adapun hasil uji t-test dengan menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% pada hasil belajar diperoleh 0,005 < 0,05. Hal tersebut menyatakan bahwa model yang digunakan dalam penelitian ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Bangun Datar kelas III di SDN Parakan 01 Ciomas Kabupaten Bogor. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Realistic Mathematic Education
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 07:29 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 07:29 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1111 |
Actions (login required)
View Item |