Keunggulan Bersaing Produk Batik dengan Determinasi Inovasi Produk dan Orientasi Pasar (Survei pada Pasar Batik Trusmi Cirebon)

Nopi, Anggi Sapitri and Lucky, Hikmat Maulana and irwan, Ch (2020) Keunggulan Bersaing Produk Batik dengan Determinasi Inovasi Produk dan Orientasi Pasar (Survei pada Pasar Batik Trusmi Cirebon). Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2020. pp. 902-909.

[img]
Preview
Text
Keunggulan_Bersaing_Produk_Batik_dengan_Determinas.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://unida.ac.id/semnas2020/

Abstract

Background - Batik merupakan identitas dari budaya Indonesia yang memiliki keunikan dan ciri khas sebagai pembeda antara negara Indonesia dengan negara lain. Persaingan yang semakin kompetitif menuntut setiap perusahaan agar dapat memiliki keunggulan kompetitif, sehingga perusahaan dapat memenangkan persaingan di dalam pasar. Inovasi dan orientasi pasar merupakan inti dari strategi kapabilitas dari bisnis yang berbasis pasar. Purpose – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing pada pasar batik Trusmi Cirebon Design/methodology/approach – Kuesioner didistribusikan kepada 57 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling, setelah dilakukan uji validitas, reliabilitas dan asumsi klasik. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dan verifikatif. Medote analisis data digunakan analisis regresi linear berganda, korelasi dan determinasi, serta dilakukan pengujian hipotesis Findings – Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk dan orientasi pasar secara simultan maupun parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing di pasar batik Trusmi Cirebon. Research limitations– Keunggulan bersaing produk batik di Pasar Batik Trusmi Cirebon didasarkan pada inovasi produk dan orientasi pasar. Originality/value – Rata-rata pelaku usaha di Pasar Batik Trusmi memiliki keunggulan bersaing yang baik, karena kondisi pelaku usaha pada inovasi produk dan orientasi pasar dalam kategori baik.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Manajemen
Depositing User: Andri Brawijaya
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:23
Last Modified: 14 Oct 2021 06:23
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item View Item