ANALISIS SALURAN PEMASARAN DAN RISIKO DISTRIBUSI SALAK PONDOH (Salaccaedulis Reinw.) YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL KOTA BOGOR

MUTHOHAR, HELMI BAGIR AL (2020) ANALISIS SALURAN PEMASARAN DAN RISIKO DISTRIBUSI SALAK PONDOH (Salaccaedulis Reinw.) YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL KOTA BOGOR. Diploma thesis, Universitas Djuanda.

[img]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)

Abstract

HELMI BAGIR AL MUTHOHAR. A.1610388. Analisis Saluran Pemasaran dan Risiko Distribusi Salak Pondoh (Salacca edulis Reinw.) yang Dijual di Pasar Tradisional Kota Bogor. Di bawah bimbingan Himmatul Miftah dan Arti Yoesdiarti. Salak Pondoh merupakan salah satu tanaman buah yang digemari dan mempunyai prospek yang baik untuk di usahakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran Salak Pondoh dan risiko distribusi. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Pasar Baru Bogor dan Pasar Jambu Dua merupakan pasar terbesar yang menjual hasil pertanian. Penentuan responden dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan sudah lama berjualan serta berjualan secara kontinyu. Metode pengambilan responden pedagang pengecer dilakukan secara purposive sampling dengan ketentuan sudah lama berjualan serta berjualan secara kontinyu dengan jumlah responden 6 orang pedagang pengecer, sedangkan teknik snowball meliputi pedagang besar sebanyak 4 orang dan pedagang pengumpul sebanyal 2 orang. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif. Alat yang digunakan adalah FMEA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran Salak Pondoh yang terbentuk di Pasar Tradisional Kota Bogor memiliki 2 saluran pemasaran, saluran yang paling efektif adalah saluran I. Terdapat 1 prioritas risiko pemasaran Salak Pondoh di tingkat pedagang pengumpul yaitu Pembelian tidak sesuai dengan ramalan pasar. Terdapat 2 prioritas risiko pada tingkat pedagang besar meliputi rusak dan harga beli naik. Terdapat 2 prioritas risiko pada tingkat pedagang pengecer meliputi rusak dan harga beli naik.Risiko yang tergolong sangat tinggi dan tinggi telah dilakukan mitigasi untuk mengurangi tingkat risiko di setiap tingkat pelaku pemasaran. Kata Kunci : Risiko, FMEA, Mitigasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian (FAPERTA) > Agribisnis
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:06
Last Modified: 19 Nov 2021 07:06
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1298

Actions (login required)

View Item View Item