PERSEPSI PETERNAK DAN POLA PEMASARAN SAPI POTONG

Fuad, MS and Masithoh, S and Nahraeni, W PERSEPSI PETERNAK DAN POLA PEMASARAN SAPI POTONG. Jurnal Agribisains. ISSN 2550-1151

[img]
Preview
Text
PERSEPSI PETERNAK DAN POLA PEMASARAN SAPI POTONG.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik peternak, persepsi peternak terhadap SPR dan pola pemasaran sapi potong di Kecamatan Ciracap. Data dikumpulkan melalui simple random sampling untuk mengetahui karakteristik dan persepsi peternak, sedangkan untuk menelusuri lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling. Persepsi peternak terhadap SPR diukur dalam Skala Likert melalui 30 indikator. Persepsi peternak dikatakan tidak baik apabila mempunyai nilai 50 – 117, persepsi kurang baik apabila mempunyai nilai 118 – 185, dan persepsi peternak dikatakan baik jika mempunyai nilai 186 – 250. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peternak terhadap program SPR di Kecamatan Ciracap adalah kategori baik, dengan nilai persepsi mencapai 194,57. Pola pemasaran yang terbentuk melibatkan lembaga pemasaran tengkulak Ciracap, tengkulak Tasikmalaya, TPH Surade, dan TPH Tegal Buleud. Penjualan sapi potong oleh peternak dengan cara menyebarkan informasi kepada tengkulak mengenai sapi yang akan di jual.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pertanian (FAPERTA) > Agribisnis
Depositing User: Andri Brawijaya
Date Deposited: 18 Jan 2022 08:37
Last Modified: 18 Jan 2022 08:37
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1462

Actions (login required)

View Item View Item