Munispa, S and Amri, Ch and Rahmawati, Rita STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS CIAWI KABUPATEN BOGOR. JURNAL GOVERNANSI. ISSN 2549-7138
|
Text
(4) ARTIKEL 5.4.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
(4) TURNITIN RITA 5.4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
(4) ARTIKEL 5.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan lembaga pelayanan kesehatan primer yang melayani pasien-pasien umum maupun pasien dengan asuransi kesehatan kartu BPJS. Biaya yang murah menjadikan Puskesmas sebagai pilihan pertama masyarakat untuk berobat. Namun banyak pasien yang mengeluhkan mengenai kurangnya kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas palayanan kesehatan pada Puskesmas. Penelitian ini mengambil lokasi di Puskesmas Ciawi Kabupaten Bogor Jawa Barat-Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan secara studi kepustakaan, observasi, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Ciawi masih memiliki beberapa kelemahan, yaitu ruang tunggu yang kurang nyaman, jumlah toilet yang terbatas, keramahan petugas yang kurang. Kebanyakan masyarakat pengguna jasa kesehatan, melihat pelayanan dari proses dibandingkan dengan outcome dan image. Oleh karena itu hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa kualitas pelayanan kesehatan ditentukan oleh kemampuan manajemen dan komite medik rumah sakit termasuk kepala puskesmas dalam menjaga reputasi institusinya dan kepercayaan masyarakat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Magister Administrasi Publik |
Depositing User: | Andri Brawijaya |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 07:10 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 07:10 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1496 |
Actions (login required)
View Item |