PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI DI SMP QUR’AN AS-SALAAM BOGOR

Kurnia, Euis (2020) PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI DI SMP QUR’AN AS-SALAAM BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Euis Kurnia. NIM : F. 1611061, “Pengaruh Adversity Quotient terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santri di SMP Qur’an As-Salaam Bogor”. Skripsi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020 Kemampuan santri dalam menghafal Al-Qur’an tentunya berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Untuk mencapai target hafalannya, setiap santri diharapkan mempunyai adversity quotient. Adversity quotient adalah kemampuan bertahan seseorang dalam menghadapi kesulitan, baik itu yang berasal dari faktor internal maupun eksternal. Faktor internal antara lain dipengaruhi oleh diri sendiri seperti kecerdasan, motivasi, minat dan bakat. Faktor eksternal antara lain latar belakang pendidikan yang berbeda dari sebelumnya dan lingkungan belajar yang baru yang membutuhkan penyesuaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adversity quotient terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santri. Penelitian ini dilakukan di sekolah swasta menengah pertama yang mengkhususkan pada tahfizhul Qur’an di SMP Qur’an As-Salaam Bogor. Subjek penelitian pada penelitian ini berjumlah 135 santri yang terdiri dari kelas VII, VIII, dan IX yang diambil dengan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan menggunakan skala adversity quotient dan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri dengan menggunakan dokumentasi nilai Hifzhul Qur’an. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh nilai R Square yaitu 0,288 atau 28,8%. Artinya besarnya sumbangan faktor adversity quotient terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santri sebesar 28,8% sedangkan sisanya sebesar 71,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Selain itu hasil pengujian hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Hal ini ditunjukkan dengan hasil thitung > ttabel yakni 7,327 > 1,656 dan hasil signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara adversity quotient (variabel X) terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santri (variabel Y). Kata kunci: Adversity Quotient, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Adversity Quotient, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:07
Last Modified: 31 Mar 2022 02:07
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1735

Actions (login required)

View Item View Item