“BUDAYA ORGANISASI PELAJAR PONDOK PESANTREN MODERN AR-RIDHO (OPPAR) DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEDISIPLINAN DI PONDOK PESANTREN MODERN AR�RIDHO SENTUL”

Imran L, Imran (2020) “BUDAYA ORGANISASI PELAJAR PONDOK PESANTREN MODERN AR-RIDHO (OPPAR) DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEDISIPLINAN DI PONDOK PESANTREN MODERN AR�RIDHO SENTUL”. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (941kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Imran L. NIM F.1611108. Budaya Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho (OPPAR) dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan di Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho Sentul. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, dan pengumpulan datanya dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang semulanya untuk menjawab permasalahan tentang budaya organisasi OPPAR Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho dalam membentuk karakter kedisiplinan. Adapun informan penelitian ini adalah staf pengasuhan santri, pengurus OPPAR, staf KMI, dan ustadz PPM Ar-Ridho Sentul. Dalam penelitian ini, dihasilkan beberapa temuan dalam konsep kepemimpinan OPPAR Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho yang meliputi : 1) sistem yang terstruktur yang terdiri dari Kyai, Pengasuhan Santri, Pengurus OPPAR, dan Mudabbir (pengurus asrama); 2) sistem kaderisasi; 3) gaya kepemimpinan yang demokrasi terpimpin; 4) metode kepemimpinan yang terdiri dari pengarahan, pelatihan, penugasan pembiasaan, pengawalan uswatun hasanah, dan pendekatan. Kemudian dalam membentuk karakter kedisiplinan dihasilkan beberapa temuan diantaranya : 1) langkah-langkah dalam membentuk karakter kedisiplinan yang terdiri dari : a) penciptaan miliu; b) sosialisasi/pengarahan; c) pembiasaan; d) pemaksaan; e) keteladanan; f) pengawalan. 2) kendala dalam membentuk karakter kedisiplinan yang terdiri dari : a) keragaman latar belakang budaya dan sosial-ekonomi para santri; b) jumlah santri yang sangat besar, sehingga memerlukan fasilitas dan anggaran yang cukup banyak c) adanya pengaruh negatif dari adanya era globalisasi teknologi dan informasi; d) tingginya tuntutan dunia kerja dan tuntutan orang tua terhadap kualitas lulusan pesantren; e) besarnya biaya yang harus disediakan untuk proses penyelenggaraan pendidikan di pesantren tersebut. 3) Penanggulangan-nya yang meliputi : a) mengutamakan pendidikan karakter, untuk diri dan anggota keluarga; b) membangun sistem pendidikan pondok pesantren yang memungkinkan terjadinya pendidikan karakter yang baik; c) melakukan bakti pada masyarakat di sekitar pesantren untuk mendidik karakter keislaman melalui ceramah dan bakti sosial; d) membangun unit-unit usaha untuk menghasilkan dana secara mandiri, sekaligus menjadikan media pembelajar santri; f) mengontrol langsung tanpa delegasi. 4) Implikasi kepemimpinan OPPAR Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho dalam membentuk karakter kedisiplinan santri dalam disiplin bahasa, ibadah, dan belajar, diantaranya : a) perilaku ikhlas; b) perilaku sederhana; c) perilaku berdikari; d) perilaku ukhuwah diniyyah; e) perilaku kebebasan. Kata Kunci: Kepemimpinan, Karakter Kedisiplinan, bahasa, ibadah, belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Karakter Kedisiplinan, bahasa, ibadah, belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:23
Last Modified: 31 Mar 2022 02:23
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1737

Actions (login required)

View Item View Item