PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 1 KOMPA SUKABUMI

Aisyah, Siti (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 1 KOMPA SUKABUMI. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Aisyah. NIM: H. 1611262 pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 1 Kompa Sukabumi. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Pendidikan dasar merupakan tingkatan pendidikan yang sangat krusial bagi seorang siswa. Keberhasilan dalam pendidikan dasar merupakan tonggak keberhasilan pada pendidikan selanjutnya. Dalam proses pembelajaran siswa juga diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif yang dapat dipergunakan untuk menganalisis pikirannya dalam menentukan pilihan dan menarik kesimpulan. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran, salah satu penyebabnya adalah rendahnya kualitas pendidikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, khususnya di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi, desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yaitu 65 siswa dari 2 kelas. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil akhir uji one sample t-test pada kemampuan berpikir kreatif IPA diperoleh signifikansi hitung yakni 0,001 < 0,05. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran IPA kelas V SDN 1 Kompa Sukabumi. Kata kunci : Berpikir Kreatif, IPA, Model Pembelajaran Inkuiri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, IPA, Model Pembelajaran Inkuiri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:50
Last Modified: 31 Mar 2022 03:50
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1746

Actions (login required)

View Item View Item