ANALISIS KEMAMPUAN CARA BERPIKIR MATEMATIS SISWA TL'NARUNGU DALAM MENYELESAIKAN MASALAB OPERASI TIITUNG BILANGAN DI SLB-B

Nurhabibah, Dewi Kania (2020) ANALISIS KEMAMPUAN CARA BERPIKIR MATEMATIS SISWA TL'NARUNGU DALAM MENYELESAIKAN MASALAB OPERASI TIITUNG BILANGAN DI SLB-B. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dewi Kania Nurhabibah. NIM H. 1610401. Kemampuan Cara Berpikir Matematis Siswa Tunarungu dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Operasi Hitung Bilangan di SLB-B. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univesitas Djuanda Bogor. 2020. Kemampuan cara berpikir matematis ialah kemampuan mengeksplorasi, menetapkan praduga serta menetapkan alasan logis agar dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan matematika. Penyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari selalu berkaitan dengan operasi hitung bilangan serta sering dialami oleh berbagai pihak, begitupun juga dialami oleh siswa tunarungu. Oleh karena itu, kemampuan cara berpikir matematis siswa tunarungu dalam menyelesaikan masalah pada operasi hitung bilangan perlu dikuasai oleh para siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan cara berpikir matematis siswa tunarungu dalam menyelesaikan masalah operasi hitung bilangan di SLB-B tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif serta menggunakan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, hasil tes, dan observasi. Validasi yang digunakan yaitu uji kredibilitas melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, kemampuan cara berpikir matematis siswa tunarungu dalam menyelesaikan masalah operasi hitung bilangan di SLB-B tingkat sekolah dasar, yaitu para siswa tunarungu memiliki kecapan dalam menyelesaikan masalah operasi hitung bilangan secara sederhana. Pendekatan yang digunakan dalam menyelesaikan masalah selalu mengasosiasikan permasalahan dengan kehidupan nyata para siswa tunarungu. Kepercayaan para siswa tunarungu terhadap matematika dipengaruhi oleh pemahaman konsep operasi hitung bilangan pada masing-masing siswa. Kemampuan para siswa tunarungu dalam meyakinkan jawaban penyelesaian masalah operasi hitung bilangan, yaitu memiliki keyakinan yang tinggi pada operasi hitung bilangan penjumlahan dan pengurangan, sedangkan keyakinan yang rendah pada operasi hitung bilangan perkalian dan pembagian. Kata Kunci : Berpikir Matematis, Operasi Hitung, Siswa Tunarungu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Matematis, Operasi Hitung, Siswa Tunarungu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 31 Mar 2022 07:24
Last Modified: 31 Mar 2022 07:24
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1759

Actions (login required)

View Item View Item