PENERAPAN PENDEKATAN INQUIRY-DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN SIRANGGAP BOGOR

Suci, Eneng Rahma (2020) PENERAPAN PENDEKATAN INQUIRY-DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN SIRANGGAP BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Eneng Rahma Suci, H.1611199 “Penerapan pendekatan inquiry-discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN Siranggap Bogor”, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Djuanda Bogor, 2016. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA di SDN Siranggap masih rendah. Proses pembelajaran IPA belum melibatkan siswa secara aktif dan guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu adanya pembaharuan dalam pembelajaran di kelas, salah satunya adalah dengan menggunakan penerapan pendekatan inquiry�discovery learning Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, aksi atau tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA peserta kelas IV SDN Siranggap setelah menggunakan penerapan pendekatan inquiry-discovery learning. Hal ini Tampak pada pra siklus yaitu rata-rata sebesar 54,0 kemudian pada siklus I menjadi 65,44 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,96 dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 65. Adapun ketuntasan belajar pada pra siklus sebesar 8%, pada siklus II meningkat menjadi 52% dan siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat direkomendasikan bahwa dengan penerapan pendekatan inquiry-discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Siranggap. Kata kunci: Inquiry-Discovery Learning, Hasil Belajar, IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inquiry-Discovery Learning, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 31 Mar 2022 08:22
Last Modified: 31 Mar 2022 08:22
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1769

Actions (login required)

View Item View Item