PERAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS KELAS V Di SDN Cibuluh 6)

Nurafriani, Febryta (2020) PERAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS KELAS V Di SDN Cibuluh 6). Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Febryta Nurafriani. NIM : H.1610515 Peran Media Sosial Tiktok Dalam Perubahan Perilaku Sosial Peserta Didik Kelas V SDN Cibuluh 6 Bogor. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Media sosial merupakan media online (daring) yang dimanfaatkan sebagai sarana pergaulan sosial secara online di internet. Perilaku sosial adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan orang lain, atau suatu kegiatan berkaitan dengan pihak lain, memerlukan sosialisasi dalam hal berperilaku yang harus orang lain terima. Penelitian ini bertujuan untuk : 1. menggambarkan bagaimana kegunaan media sosial TikTok bagi peserta didik, 2. dampak yang ditimbulkan dari media sosial terhadap penggunaan TikTok, 3. pola perilaku sosial peserta didik kelas V di SDN Cibuluh 6 Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cibuluh 6 Bogor. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V (lima) yaitu sebanyak 5 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa Peserta didik kelas V menggunakan media sosial tiktok sebagai media komunikasi seperti berkomentar dan mengirim pesan dan sebagai jejaring sosial seperti mengunggah video tarian, video lambat, dan transisi. Dampak positif TikTok bagi peserta didik yaitu untuk 1) memperbanyak pertemanan dari berbagai pulau, tepatnya peserta didik kelas VB menjalin pertemanan dengan pengguna lain dari pulau jawa, kalimantan, dan sulawesi, 2) sebagai media melatih keterampilan bersosial dan membuat peserta didik lebih percaya diri, 3) Tiktok sebagai media hiburan untuk melihat video�video yang humor. Sedangkan TikTok menimbulkan dampak negatif bagi peserta didik kelas VB seperti 1) mempengaruhi perilaku sosial, 2) menimbulkan perilaku Apatis (Cuek), 3) merusak moral peserta didik dengan melihat video yang kurang pantas untuk dilihat anak seusianya, 4) mempengaruhi otak dan gaya Bahasa peserta didik kelas VB, terdapat Bahasa yang kurang pantas untuk didengar, 5) menurunkan minat belajar, menjadi sulit untuk diperintahkan belajar karena kecanduan bermain Tiktok. Pola perilaku peserta didik kelas VB, 1) memperlihatkan perilaku kepedulian (Simpati) dengan menunjukan perilaku mudah bergaul dan ramah, 2) Peserta didik kelas V memperlihatkan perilaku empati dengan menunjukan rasa iba ketika ada orang lain yang terkena musibah dan kesusahan. 3) memperlihatkan perilaku akrab terhadap teman sebaya, guru, dan kepala sekolah serta orang terdekatnya seperti keluarga. Kata Kunci : Media Sosial Tiktok, Perubahan Perilaku Sosial Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial Tiktok, Perubahan Perilaku Sosial Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 01 Apr 2022 02:17
Last Modified: 01 Apr 2022 02:17
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1776

Actions (login required)

View Item View Item