Nugraha, Hafizd Firman (2020) PENERAPAN MODEL THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN CIGUDEG 02. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.
|
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (105kB) | Preview |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (20kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Hafizd Firman Nugraha, 2020 ” Penerapan Model Think Pair And Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN Cigudeg 02’’ Penelitian ini berjudul Penerapan Model Think Pair And Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN Cigudeg 02. Penelitian ini mencakup dua rumusan masalah yaitu Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Think Pair and Share, pada materi Peninggalan Sejarah dan bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model Think Pair and Share pada materi Peninggalan Sejarah. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cigudeg 02 kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 36 orang. Alat pengumpulan data berupa soal tes evaluasi, lembar observasi aktivitas guru dan aktivias siswa. Pengolahan data dilakukan dengan menghitung presentase hasil tes evaluasi, presentase hasil observasi aktivitas guru, dan presentase aktivitas siswa. Hasil perhitungan tersebut digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunkan model Think Pair and Share. Peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus adalah sebagai berikut : siklus I siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 yaitu yang tuntas sebanyak 22 siswa atau 61,11% yang tidak tuntas sebanyak 14 siswa atau 38,88%, sedangkan siklus II siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu yang tuntas sebanyak 29 siswa atau 80,55% sedangkan yang tidak memenuhi KKM, yang tidak tuntas yaitu sebanyak 7 siswa atau 19,44%. Aktivitas siswa dan guru pada pembelajaran dengan menggunakan model Think Pair and Share semakin meningkat. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Think Pair and Share hasil belajar pada mata pelajaran IPS terutama pada materi Peninggalan Sejarah dapat meningkat. Kata Kunci : Ilmu Pengetahuan Sosial, model Think Pair and Share
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ilmu Pengetahuan Sosial, model Think Pair and Share |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Apr 2022 02:32 |
Last Modified: | 01 Apr 2022 02:32 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1777 |
Actions (login required)
View Item |