ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA RETARDASI MENTAL (RM) DALAM KELAS INKLUSIF

Agustin, Hesty Wahyu (2020) ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA RETARDASI MENTAL (RM) DALAM KELAS INKLUSIF. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hesty Wahyu Agustin, NIM: H.1610907. Analisis Pembelajaran Matematika Siswa Retardasi Mental (Rm) Dalam Kelas Inklusif. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. 2016. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pembelajaran matematika siswa RM dalam kelas inklusif yang terdiri dari cara menulis, penyelesaian soal, dan pemahaman soal matematika, serta perilaku siswa RM terhadap guru dan siswa, guru terhadap siswa RM, dan siswa reguler terhadap siswa RM selama pembelajaran matematika berlangsung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara dan telaah artikel. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh data yang valid. Penelitian dilaksanakan di SDN Tapos 4 Depok, menghasilkan temuan berupa gambaran siswa RM selama pembelajaran matematika di kelas inklusif. Penelitian ini mampu menjadi gambaran para pendidik yang menghadapi siswa RM, sehingga pendidik tahu perilaku yang harus diterapkan untuk siswa RM, mengetahui perilaku siswa RM selama pembelajaran dan perilaku yang harus diterapkan siswa reguler agar pembelajaran di kelas inklusif dapat terlaksana dan berjalan dengan baik. Kata Kunci : Retardasi Mental, Pembelajaran Matematika, Pembelajaran ABK, Kelas Inklusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Retardasi Mental, Pembelajaran Matematika, Pembelajaran ABK, Kelas Inklusif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 01 Apr 2022 02:43
Last Modified: 01 Apr 2022 02:43
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1778

Actions (login required)

View Item View Item