ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING BELAJAR ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVE DISORDER

Astriani, Indri (2020) ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING BELAJAR ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVE DISORDER. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indri Astriani. NIM: H.1610097 Analisis Peran Orang Tua Dalam Membimbing Belajar Anak Attention Deficit Hyperactive Disorder. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda, 2020. Di era revolusi industri 4.0, Pendidikan menjadi suatu hal yang paling utama untuk mencetak generasi bangsa yang unggul. Pendidikan bagi anak tentunya bukan menjadi tugas guru di sekolah saja, orang tua juga memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat penting. Anak Berkebutuhan Khusus dengan jenis Attention Deficit Disorder Hyperactive (ABK ADHD) merupakan anak berkebutuhan khusus yang memiliki gangguan dalam perilaku, sehingga aktivitas motorik yang dilakukan oleh anak tersebut menjadi berlebihan. Siswa dengan kebutuhan khusus membutuhkan perhatian yang lebih dan pendekatan yang khusus dari orang tua dan lingkungan sekitarnya terutama dalam hal belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam membimbing belajar anak Attention Deficit Hyperactive Disorder. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Batu Tulis 2 Kota Bogor. Subjek dalam penelitian ini adalah anak berkebutuhan khusus ADHD yang berinisial AAOI dan kedua orang tuanya yang berinisial AD dan MM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) peran orang tua dalam membimbing anak belajar sangat penting, cara yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam membimbing belajar dengan mendampingi dan memperhatikan anak ketika belajar, memberitahu ketika anak tidak tahu, menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh anak, membenarkan apabila terjadi kekeliruan atau kesalahan pada materi pelajaran, (2) Kesulitan belajar yang dialami anak ADHD berupa konsentrasi yang mudah terpecah terlebih jika terdapat gangguan-gangguan dari luar, selain itu anak ADHD sulit bertahan dalam suatu kegiatan dengan waktu yang cukup lama, (3) Strategi yang dapat digunakan dalam membimbing belajar anak ADHD yaitu dengan memastikan tidak adanya gangguan dari luar sebelum belajar, jika anak sudah tidak dapat fokus dan berkonsentrasi sebaiknya orang tua tidak memaksa anak untuk terus menyelesaikan tugasnya dan belajar ada baiknya untuk break dan istirahat sejenak, pemberian reward untuk menumbuhkan motivasi belajar namun ada baiknya strategi ini tidak digunakan secara terus menerus. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Membimbing Belajar, Anak ADHD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Membimbing Belajar, Anak ADHD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 01 Apr 2022 03:36
Last Modified: 01 Apr 2022 03:36
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1783

Actions (login required)

View Item View Item