IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

Safitri, Jaihan (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jaihan Safitri. NIM: H.1610023. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar (SD). Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan SD. Penelitian ini dilakukan pada SDN Pasawahan Cicurug Kabupaten Sukabumi menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) Implementasi MBS di SDN Pasawahan Cicurug sudah terlaksana dengan baik dan sudah memenuhi standar yang diselenggarakan secara profesional melalui manajemen sekolah dengan menghasilkan kesatuan pengelolaan sekolah yang unggul dan berkualitas; (2) Kurikulum 2013 dilakukan secara utuh, baik pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan tematik dengan pengaturan kurikulum dan pembelajaran dengan ciri khas menerapkan budaya atau kebiasaan literasi kurikulum dengan pembelajaran berbasis sekolah berpedoman pada prinsip-prinsip implementtasi manajemen berbasis sekolah; (3) Hubungan sekolah dengan masyarakat di SDN Pasawahan Cicurug meliputi kegiatan adanya peran serta orang tua dan masyarakat, komite sekolah, dan DUDI dengan berpedoman pada prinsip-prinsip implementasi manajemen berbasis sekolah. Kata kunci: Kurikulum, Hubungan sekolah dengan masyarakat, Mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Hubungan sekolah dengan masyarakat, Mutu pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 01 Apr 2022 04:22
Last Modified: 01 Apr 2022 04:22
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1787

Actions (login required)

View Item View Item