Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Gambar Pada Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transfortasi Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas IV SD Negeri Cibeuteung Udik 01, Ciseeng Bogor

Torik, M (2015) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Gambar Pada Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transfortasi Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas IV SD Negeri Cibeuteung Udik 01, Ciseeng Bogor. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M. Torik. H. 111075. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Gambar Pada Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas IV SD Negeri Cibeuteung Udik 01, Ciseeng Bogor, Program Studi Pendididkan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam meningkatkan keaktifan siswa pada bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD Negeri Cibeuteung Udik 01, Ciseeng Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dengan tahapan perencanaan-tindakan-pengamatan-refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Cibeuteung Udik 01 Ciseeng Bogor, dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang bejumlah 35 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Tes digunakan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa terhadap materi dalam mata pelajaran IPS dengan menggunakan media gambar setelah proses pembelajaran berlangsung, sedangkan observasi dan pengamatan digunakan untuk mengetahui tentang keaktifan belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal ini dapat dilihat dari proses belajar mengajar dengan menggunakan media gambar yang diterapkan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Adapun aspek-aspek keaktifan siswa tersebut meliputi: Keberanian siswa untuk menjawab pertanyaan guru meningkat yaitu dari 5 siswa (14.28%) menjadi 15 siswa (42.85%); Keaktifan siswa yang mau untuk menjelaskan jawaban pada siswa lain meningkat yaitu dari 10 siswa (28.57%) menjadi 23 siswa (65.71%); Keaktifan siswa untuk menanyakan pertanyaan yang dirasa kurang jelas meningkat dari 7 siswa (20%) menjadi 18 siswa (51.42 %); Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal latihan dengan usaha sendiri yaitu dari 30 siswa (85.71%) menjadi 35 siswa (100%). Uraian di atas menunjukan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Kata kunci: media gambar, keaktifan siswa, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media gambar, keaktifan siswa, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 01 Apr 2022 06:49
Last Modified: 01 Apr 2022 06:49
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1790

Actions (login required)

View Item View Item