PENGARUH LITERASI MEMBACA TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 17 TANJUNGPANDAN

Watimah, Puji (2020) PENGARUH LITERASI MEMBACA TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 17 TANJUNGPANDAN. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Puji Watimah. NIM: H.1610572 Pengaruh Literasi Membaca Terhadap Minat Baca Peserta Didik Kelas V SDN 17 Tanjungpandan. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Pendidikan berfungsi untuk membantu peserta didik dalam pengembangan dirinya, yaitu pengembangan semua potensi, kecakapan, serta karakteristik pribadinya ke arah yang positif, baik bagi dirinya maupun lingkungannya sendiri. Dalam pendidikan terdapat proses belajar mengajar, salah satu point pentingnya adalah membaca. Pada kegiatan belajar mengajar tidak terlepas dari kegiatan membaca. Membaca merupakan salah satu langkah terpenting dalam menentukan berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar yang diharapkan.Untuk itu pentingnya penanaman budaya membaca sejak dini perlu dilaksanakan agar peserta didik terbiasa dengan aktivitas membaca dan memiliki rasa kesadaran akan kebutuhannya terhadap buku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan literasi membaca terhadap minat baca peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Tanjungpandan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan desain penelitian kolerasi fungsional. Dalam pengumpulan data, data dikumpulkan menggunakan angket kuesioner dan wawancara terstruktur sebagai data pendukung dengan jumlah responden seluruh peserta didik kelas V SDN 17 Tanjungpandan sebanyak 55 peserta didik. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara literasi membaca terhadap minat baca peserta didik diketahui nilai thitung 4,031 > 2,005 ttabel atau nilai thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf kesalahan 5% dengan hasil signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, terdapat pengaruh sebesar 37,2% sedangkan 62,8% ditentukan oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa dari penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan literasi membaca terhadap mina baca peserta didik. Kata kunci: Literasi Membaca, Minat Baca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Membaca, Minat Baca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 04 Apr 2022 04:15
Last Modified: 04 Apr 2022 04:15
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item View Item