PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN JELEGONG SUKABUMI

Irena, Putri (2020) PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN JELEGONG SUKABUMI. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL .pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah pola asuh demokratis berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar terhadap anak. Pola Asuh Demokratis merupakan pola asuh yang sangat ideal dibandingkan dengan pola asuh lainnya, hal ini dikarenakan pola asuh demokratis memiliki ciri seperti: selalu mempunyai waktu yang cukup banyak untuk bersama anak, selalu menerima pendapat anak, menerapkan kedisiplinan pada anak, tidak menuntut kemampuan anak. Kedisiplinan belajar pada anak merupakan hal yang penting karena kedisiplinan belajar sebagai bentuk kepatuhan dan ketaatan peserta didik dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang peserta didik. Tingkat kedisiplinan anak bisa saja berpengaruh terhadap pola asuh orang tersendiri. Pada penelitian ini menggunakan metode korelasi fungsional. Sebelum melakukan penelitian penulis menyebar angket untuk seberapa banyak orang tua yang menggunakan pola asuh demokratis. Dengan hasil angket maka terdapat 32 sample orang tua yang memiliki pola asuh demokratis serta 32 peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket pola asuh demokratis serta kedisiplinan peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data pada uji hipotesis statistik menunjukan nilai signifikan dengan nilai sebesar 0,004 < 0,05. Pada perbandingan antara thitung dan ttabel, Uji t merupakan salah satu uji hipotesis penelitian dalam menganalisis, serta uji t bertujuan untuk mengetahui variabel X berpengaruh terhadap variabel Y, maka dari itu terdapat hasil thitung = 3,161 dan ttabel = 2,042, dengan demikian maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil pengujian pearson correlation pada variabel X dan variabel Y sebesar 25%. Dengan demikian terdapat kontribusi variabel pola asuh demokratis terhadap kedisiplinan belajar pada kelas V SDN Jelegong sebesar 25% dan selebihnya 75% berhubungan dengan faktor lain. Kata kunci: Kedisiplinan Belajar, Pola Asuh Demokratis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Pola Asuh Demokratis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 04 Apr 2022 04:28
Last Modified: 04 Apr 2022 04:28
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1805

Actions (login required)

View Item View Item