PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS KONSEP IPA KELAS V SEKOLAH DASAR SUNDAWENANG

Rahmawati, Rahmawati (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS KONSEP IPA KELAS V SEKOLAH DASAR SUNDAWENANG. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rahmawati. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Konkret Terhadap Kemampuan Analisis Konsep IPA Kelas V Sekolah Dasar Sundawenang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan kemampuan berpikir analisis siswa kelas V Sekolah Dasar di Desa Sundawenang Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media konkret dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Sundawenang, menganalisis kemampuan konsep IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Sundawenang, serta membuktikan pengaruh penggunaan media konkret terhadap kemampuan analisis konsep IPA kelas V SD Sundawenang. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design atau eksperimen semu dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Analisis data menggunakan uji two-sample Independen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN se-desa Sundawenang sebanyak 278 siswa yang terdiri dari SDN Negeri 1 & 2 Pakuhaji, SDN 2 Parungkuda, SDN Batu Kacapi, SDN Leuwi orok, dan SDN Sundawenang, dengan sampel yang digunakan yaitu SDN 2 Parungkuda sebanyak 66 siswa dalam penelitian ini adalah kelas V-A sebagai kelompok eksperimen sebanyak 33 siswa dan kelas V-B sebagai kelompok kontrol sebanyak 33 siswa, pemilihan sampel dilakukan dengan simple random sampling atau pengundian secara acak. Berdasarkan hasil posttest diperoleh bahwa rata-rata kemampuan analisis konsep IPA siswa dengan menggunakan media konkret lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan analisis konsep IPA siswa menggunakan media gambar (kelompok kontrol). Rata-rata nilai pretest kelompok eksperimen sebesar 41,39 sedangkan rata-rata nilai pretest kelompok kontrol sebesar 39,06 Setelah dilakukan tindakan pada kedua kelompok, maka diperoleh rata-rata posttest kelompok eksperimen yaitu 48,88 dan kelompok kontrol yaitu 59,03 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya Pengaruh Kemampuan Analisis Konsep IPA Siswa dengan Menggunakan Media Konkret, berdasarkan hasil uji-t Independent Sampel T-Test diperoleh nilai signifikansi hitung lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,002 maka nilai sig. < 0,05 (0,002 < 0,05) maka Ho ditolak dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh media konkret terhadap kemampuan analisis konsep IPA. Kata kunci: kemampuan analisis, konsep IPA, media konkret

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan analisis, konsep IPA, media konkret
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 04 Apr 2022 06:48
Last Modified: 04 Apr 2022 06:48
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1806

Actions (login required)

View Item View Item