Khoerotunnissa, Syifa (2020) BUDAYA RELIGIUS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDIT AR-RAHMAH. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Syifa Khoerotunnissa, NIM: H.1610659 Budaya Religius Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SDIT Ar-Rahmah. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang upaya sekolah dalam pelaksanaan budaya religius serta peran guru dalam membentuk karakter peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ar-Rahmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui Teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik pengambilan data menggunakan Model Analisis Miles Huberman melalui komponen analisis berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini telah menemukan tiga Peran sekolah dalam pembentukan dan pengembangan budaya religius Islam di SDIT Ar-Rahmah. melalui budaya religius yakni, temuan pertama membuat program harian, program mingguan, dan ;program bulanan yang harus dilaksanakan seluruh insan di sekolah. Temuan dua, peneliti menemukan 13 peran guru dalam membentuk karakter peserta didik diantaranya sebagai pendidik, penasehat, pembimbing, penyusun program, model, pengontrol, evaluator, motivator, pengelola pembelajaran, pengelola kelas, komunikator, informator, dan fasilitator. Temuan tiga,, peneliti menemukan upaya sekolah dalam menumbuhkan karakter jujur dan kesopanan atau hormat yang dimiliki oleh peserta didik. Yakni, adapun kegiatan yang bernilai positif, meningkatkan kondisi keimanan di lingkungan sekolah dan memperkenkan norma atau peraturan yang harus dilaksanakan oleh peserta didik. Kata kunci: Budaya religius, pembentukan karakter, peserta didik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya religius, pembentukan karakter, peserta didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 02:57 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 02:57 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1815 |
Actions (login required)
View Item |