PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP AKHLAK SISWA DI SDIT BUMI PUTERA

Hayatunupus, Teti (2020) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP AKHLAK SISWA DI SDIT BUMI PUTERA. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Teti Hayatunupus, NIM: H.1611330 Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Akhlak Siswa Di SDIT Bumi Putera. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2020. Tujuan utama dari pendidikan adalah membina akhlak siswa agar memiliki pribadi�pribadi yang terpuji dan senantiasa menjadi kebiasaan siswa dalam kehidupan sehari�hari. Faktanya, pendidikan akhlak tersebut dilatarbelakangi oleh kompetensi kepribadian guru yang mumpuni karena tujuan dari pelaksanaan kompetensi kepribadian guru salah satunya adalah untuk menyiapkan peserta didik agar memiliki sikap dan prilaku yang terpuji baik ditinjau dari segi norma-norma agama maupun norma-norma sopan santun dan tatakrama yang berlaku dimasyarakat. Penelitian korelasional ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru dengan akhlak siswa di SDIT Bumi Putra. Penelitian ini mengambil sampel populasi sebanyak 43 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya penelitian ini memaparkan analisis deskriptif dengan menggunakan pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas dan menggunakan pengujian product momen, koefisien determinan dan uji signifikan. Berdasarkan hasil pengukuran terhadap variabel akhlak siswa, didapatkan rata-rata (mean) sebesar 62. Nilai tengah (median) sebesar 62, Nilai yang sering muncul (modus) sebesar 64, dan standar deviasi sebesar 5,49. Selanjutnya, berdasarkan hasil pengukuran terhadap variabel kompetensi kepribadian guru didapatkan rata-rata (mean) sebesar 61. Nilai tengah (median) sebesar 62, Nilai yang sering muncul (modus) sebesar 64, dan standar deviasi sebesar 6,64. Kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linier sederhana dengan perolehan persamaan Y = 1,00002 + 0,068 X. Adapun besar pengaruh antara kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak siswa sebesar 67% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya berdasarkan uji T maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak siswa di SDIT Bumi Putra dengan nilai Thitung > Ttabel yakni 9,207 > 2,027 perbandingan ini menunjukkan hasil yang signifikan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru dapat meningkatkan akhlak siswa menjadi semakin baik. Kata kunci: Kompetensi Kepribadian Guru, Akhlak Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru, Akhlak Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:02
Last Modified: 05 Apr 2022 03:02
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1816

Actions (login required)

View Item View Item