-PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 1 CIAMBAR

Puspita, Tita (2020) -PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 1 CIAMBAR. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tita Puspita. NIM: H.1611134 Pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran. IPA kelas IV di SDN 1 Ciambar. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran kita sebagai guru perlu menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar sejak awal keigatan belajar berlangsung. Jika tidak demikian maka kemungkinan besar kepasifan siswa akan melekat pada dirinya sehingga butuh waktu lama untuk menumbuhkan keaktifan tersebut. Keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung merupakan suatu hal yang sangat penting karena pembelajaran tidak hanya mentransfer ilmu saja tetapi juga guru harus bisa menciptakan suasana yang menyenangkan agar siswa terbawa aktif dalam proses pembelajaran yang berlangsung juga untuk merubah tingkah laku agar menjadi lebih baik lagi. Dengan demikian proses kegiatan belajar mengajar membutuhkan metode yang tepat , ketidaktepatan penggunaan media pembelajaran akan menyebabkan penghambatan proses pembelajaran yang diharapkan. Maka dari itu perlu adanya penelitian yang dapat membantu siswa agar dapat terlibat aktif dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 1 Ciambar Kabupaten Sukabumi., Jawa Barat. Tingkatan kelas yang dipakai dalam penelitian ini yaitu kelas IV dengan jumlah siswa 40 siswa, metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode eksperimen design dengan menggunakan Posttest Only Control sebagai alat ukur yang digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap keaktifan siswa. Dalam penelitian ini hasil uji hipotesis yang dihitung menggunakan aplikasi SPSS yaitu 0,000 > 0,05 artinya penggunaan media pembelajaran animasi sangat berpengaruh terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV. Kata Kunci: Media Animasi, Keaktifan Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Animasi, Keaktifan Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:06
Last Modified: 05 Apr 2022 03:06
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1817

Actions (login required)

View Item View Item