PENGARUH DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS V SD NEGERI CIKUPA

HASYIM, ISMAWARTI (2021) PENGARUH DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS V SD NEGERI CIKUPA. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel Ismawarti Hasyim H.1711288.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Ismawarti Hasyim. NIM: H.1711288 Pengaruh Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas V SD Negeri Cikupa. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2021. Proses pembelajaran dapat berlangsung karena adanya siswa, guru, kurikulum, satu dengan yang lain saling berhubungan. Siswa dapat belajar dengan baik jika sarana dan prasarana untuk belajar memadai, model pembelajaran yang digunakan oleh guru menarik, siswa ikut aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak merasa jenuh atau bosan ketika mengikuti pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada materi suhu dan kalor. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Cikupa Lebaksari, Kecamatan Parakansalak Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Khususnya pada siswa kelas V. penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A sebanyak 24 siswa dan kelas V B sebanyak 20 siswa. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil akhir analisis Uji-t untuk dua kelompok data dari satu kelompok sampel (berpasangan) dengan analisis data menggunakan program SPSS Statistics. Didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar pretest berjumlah 60,79 dan nilai rata-rata posttest berjumlah 77,79 yang artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA pada materi suhu dan kalor siswa kelas V SD Negeri Cikupa. Kata Kunci: Pembelajaran Penemuan, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 25 Nov 2022 02:57
Last Modified: 25 Nov 2022 02:57
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2194

Actions (login required)

View Item View Item