MANAJEMEN KURIKULUM TAHFIZH AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN PESERTA DIDIK DI SMP QUR’AN ASY-SYAHID

BUSTOMI, MUHAMAD (2021) MANAJEMEN KURIKULUM TAHFIZH AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN PESERTA DIDIK DI SMP QUR’AN ASY-SYAHID. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HLM JUDUL.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

Manajemen Kurikulum Tahfizh Al-Qur’an dapat menjadi solusi dalam program menghafal Al-Qur’an, karena dengan manajemen yang baik, akan dapat memberikan efek waktu menghafal dan mengulang secara lebih teratur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses manajemen kurikulum tahfizh Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas hafalan peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Qur’an Asy Syahid. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum tahfizh Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Qur’an Asy Syahid sudah dilaksanakan dengan baik meliputi perencanaan materi, alokasi waktu, metode, dan penilaian yang baik dan tersistem. Pengorganisasian melalui kegiatan pembagian tanggung jawab yang tersusun dalam struktur organisasi. Pelaksanaan kurikulum yang sesuai dengan rencana, dan evalusi kurikulum melalui ujian Binnazhor (melihat Al-Qur’an) dan Bilghoib (tanpa melihat Al�Qur’an). faktor pendukung manajemen kurikulum yaitu memiliki fasilitas yang memadai dalam program menghafal Al-Qur’an, waktu yang memadai untuk hafalan. Adapun faktor penghambatnya antara lain adalah kurangnya guru dalam memantau dan mengawasi peserta didik ketika dirumah

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 25 Nov 2022 04:02
Last Modified: 25 Nov 2022 04:02
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item