KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI

Massay, Novia Rizky (2020) KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Novia Rizky Massay. NIM H.1710544. Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2021. Kedisiplinan belajar adalah kebiasaan diri dalam mengatur jadwal belajaran, terbiasa mengikuti aturan yang berlaku di sekolah dengan kesadaran penuh, dapat mengikuti dan mengamalkan setiap aturan dengan rasa senang hati tanpa adanya tekanan. Latar belakang yang mendasari yaitu terdapat beberapa pelanggaran penerapan kedisiplinan belajar yang dilakukan siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan kedisiplinan belajar siswa selama pandemi covid-19 di kelas III SDN 03 Cihideung Udik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Informan penelitian ini yaitu guru kelas dan tiga siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kredibilitas mengggunankan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar siswa selama pandemi covid-19 yaitu 1) Kedisiplinan yang berlaku selama pandemi covid-19 di kelas III SDN 03 Cihideung Udik berupa protokol kesehatan 3M, kedisiplinan waktu belajar, memakai seragam sekolah, masuk sekolah tepat waktu dan mematuhi tata tertib sekolah, 2) Peranan guru untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa berupa pemberian PR dan pemberian ulangan harian seminggu 2 kali. Bentuk penerapan kedisiplinan berupa sanksi memberikan tugas secara berulang, nasihat, dan bimbingan, 3) Guru menjadi contoh teladan bagi siswa, sehingga membuat sebagian siswa berperilaku disiplin seperti disiplin belajar di sekolah dan dirumah, 4) Orang tua ikut serta untuk mengingatkan dan memerintah anak untuk belajar dirumah selama pembelajaran daring berlangsung, 5) Problematika yang dihadapi guru yaitu siswa tidak mempunyai kuota internet, tidak mempunyai atau mengerti aplikasi whattsapp, signal yang kurang mendukung, orang tua yang tidak memiliki smartphone, siswa yang tidak mempunyai jadwal belajar di rumah dan orang tua yang sibuk bekerja, 6) Beberapa siswa melakukan pelanggaran kedisiplinan belajar selama pandemi covid-19 yaitu tidak tepat waktu mengerjakan tugas, telat absen ketika pembelajaran daring berlangsung dan tidak tepat waktu dalam pengumpulan tugas, 7) Solusi yang dilakukan guru agar siswa disiplin yaitu memberikan tugas secara berulang dan memberikan buku paket sebagai alat komunikasi bagi siswa yang tidak memiliki smartphone. Kata kunci: Kedisiplinan belajar siswa, Pandemi covid-19, Pembelajaran daring

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 25 Nov 2022 04:11
Last Modified: 25 Nov 2022 04:11
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2199

Actions (login required)

View Item View Item