PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Sijabat, Pitaria Devi Putri (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Pitaria Devi Putri Sijabat. NIM: H.1711108 Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Dikelas V Sekolah Dasar. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar dikelas V siswa SDN 3 Cicurug tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi fungsional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 3 Cicurug berjumlah 79 siswa dengan sample penelitian sebanyak 79 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validasi menggunakan penilaian ahli dan butir instrumen dengan rumus Korelasi Product Moment. Uji realibilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Tehnik analisis menggunakan Analisis Statistika Deskriptif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil nilai signifikansi yaitu 0.000 > 0.05 sehingga terdapat pengaruh yang positif antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar dikelas V SDN 3 Cicurug. Hasil analisis data juga menunjukkan R Square sebesar 0.079 ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar memiliki pengaruh 7.9% terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 3 Cicurug. Kata Kunci: Kuantitatif, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 25 Nov 2022 06:15
Last Modified: 25 Nov 2022 06:15
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2201

Actions (login required)

View Item View Item