IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19

SUHANDI, DESWITA (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

Deswita Suhandi. NIM: H.1710122 Implementasi pendidikan karakter Tanggung Jawab Pada Pembelajaran Tematik Di Masa Pandemi COVID-19. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter tanggung jawab pada pembelajaran tematik di masa pandemi COVID-19 di SDN Purwasari 01. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif studi kasus, dengan teknik pengumpulan data wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan analisis Miles and Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Responden dalam penelitian ini yaitu guru kelas V, siswa kelas V, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, adapun bentuk partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran tematik tema 7 yang dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19 diantaranya, mengikuti kegiatan video call saat kegiatan pembelajaran, mengerjakan tugas latihan soal yang diberikan oleh guru, mengumpulkan tugas latihan soal dengan tepat waktu. Siswa merapikan peralatan belajar setelah kegiatan pembelajaran berlangsung seperti alat tulis pensil dan buku tulis setelah selesai digunakan. Faktor penghambat implementasi pendidikan karakter tanggung jawab pada kegiatan pembelajaran disebabkan adanya kebiasaan siswa saat sedang belajar yaitu memainkan handphone saat kegiatan pembelajaran, malas mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, serta mengobrol dengan teman saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Kata kunci : Partisipasi siswa, Peralatan belajar, Kualitatif

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 25 Nov 2022 08:29
Last Modified: 25 Nov 2022 08:29
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2205

Actions (login required)

View Item View Item