ERAN ORANGTUA DALAM PENDAMPINGAN KESULITAN BELAJAR ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19

ANZANI, RITA (2021) ERAN ORANGTUA DALAM PENDAMPINGAN KESULITAN BELAJAR ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Rita Anzani, 2021. Peran Orangtua dalam Pendampingan Kesulitan Belajar Anak di Masa Pandemi Covid -19. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orangtua dalam mendampingi anak dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Sampel penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua murid dan siswa. Fokus penelitian bertujuan mengetahui peran orang tua dalam pendampingan kesulitan belajar anak di masa pandemi covid-19 dan subfokus yaitu proses pembelajaran di masa pandemi covid-19, kesulitan belajar anak yang muncul di masa pandemi, dan peran orang tua dalam mendampingi kesulitan belajar anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran di masa pandemi covid-19 dilaksanakan secara daring dan luring. Ada beberapa faktor yang menjadi kesulitan belajar siswa pada saat pembelajaran di masa pandemi yaitu fasilitas sarana dan prasarana pembelajaran,latar pendidikan orangtua yang rendah dan kurang kesiapan orangtua. Upaya pendampingan orangtua dalam pendampingan kesulitan belajar dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19 yaitu orangtua menyetujui adanya pembelajaran luring di sekolah, senantiasa memotivasi, dan memberikan solusi ketika anak dalam kesulitan dalam belajar dengan mengeksplor pengetahuan melalui berbagai media pembelajaran internet. Kata kunci : Peran Orangtua, Kesulitan Belajar, Pembelajaran di Masa Pandemi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 25 Nov 2022 09:06
Last Modified: 25 Nov 2022 09:06
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2211

Actions (login required)

View Item View Item