ANALISIS POLA INTERAKSI ORANG TUA DAN SISWA DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Di Sekolah Dasar Negeri Perbawati Kelas 3 Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi)

Lisdayani, Lisdayani (2021) ANALISIS POLA INTERAKSI ORANG TUA DAN SISWA DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Di Sekolah Dasar Negeri Perbawati Kelas 3 Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi). Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
Halaman judul.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pusaka.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (841kB) | Preview

Abstract

Lisdayani. NIM: H.1610047 Analisis Pola Interaksi Orang Tua dan Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2021. Penelitian ini membahas mengenai pola interaksi orang tua dan siswa ketika pembelajaran di masa pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi orang tua dan anak dalam membimbing pembelajaran di masa pandemi covid-19, selain itu untuk mengetahui bagaimana sikap orang tua terhadap anak ketika melakukan pembelajaran dirumah, dan untuk mengetahui apa hambatan serta faktor pendorong orang tua dan anak dalam pembelajaran daring. Metode penenelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kasus. Tempat penelitian di Sekolah Dasar Negeri Perbawati, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan jenis triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi orang tua dan anak dalam membimbing pembelajaran dimasa pademi sangat kurang tingkat intensitasnya. Kurangnya intensitas dikarenakan tidak ada waktu untuk mendampingi anak belajar karena orang tuanya harus bekerja. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap orang tua terhadap anaknya dalam belajar secara online adalah sabar, ikhlas, kesal, emosi, menyerah, merangkul, tidak sabar, sedih dan juga senang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hambatan orang tua dan anak ketika belajar online adalah kurang bagusnya jaringan internet, tidak mempunyai hanphone android, dan kurangnya pemahaman materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendorong belajar online diantaranya pemberian kuota internet, dan dipinjamkannya buku paket dari sekolah. Kata kunci: Pola Interaksi, Orang Tua, Siswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 28 Nov 2022 01:38
Last Modified: 28 Nov 2022 01:38
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2213

Actions (login required)

View Item View Item