DIGITAL BRANDING ALIKA_MINIGOLDBOGOR DALAM KEGIATAN KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI INSTAGRAM SEBAGAI PENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Dwi Endaryanti, Diana (2022) DIGITAL BRANDING ALIKA_MINIGOLDBOGOR DALAM KEGIATAN KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI INSTAGRAM SEBAGAI PENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

Diana Dwi Endaryanti, Program Studi Sains Komunikasi, Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer, Universitas Djuanda, 2022, Digital Branding Alika_minigoldbogor Dalam Kegiatan Komunikasi Pemasaran Melalui Instagram Sebagai Pengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Pembimbing I: Agustini, Dra., M.Si, Pembimbing II: Dr. Ali Alamsyah Kusumadinata, S.P., M.Si. Alika_minigoldbogor adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang jual beli emas melalui instagram. Perkembangan digital branding sejak tahun 1990 memasuki era tahun 2010 telah banyak mengubah merek dan strategi bisnis. Pesatnya kemajuan perkembangan teknologi saat ini semakin banyak pengguna sosial media merubah kebiasaan masyarakat. Berdasarkan data dari Berita Satu 2020 pengguna media sosial terbanyak ialah Yuotube sebanyak 95%, WhatsApp 89%, Instagram 88%, dan Facebook 87%. Dilihat dari survei instagram masuk kedalam kategori platform media sosial tertinggi dengan posisi ke-3 di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui digital branding Alika_minigoldbogor dalam kegiatan komunikasi pemasaran melalui instagram sebagai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu seperti jenis kelamin, umur dan ketertarikan pada produk alika. Cara yang digunakan adalah menyebarkan link kuesioner di sosial media dan menghubungi konsumen yang membeli secara langsung untuk mengisi kuisioner. Teknik pengumpulan data dengan data primer diperoleh dari kuesioner dan wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan pada buku, jurnal, internet dan lainnya. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan digital branding Alika_minigoldbogor dalam kegiatan pemasaran dan keputusan pembelian konsumen di instagram berada dalam kategori sangat baik dilihat dari respon yang diberikan. Digital branding yang meliputi tiga poin yaitu brand positioning, brand personality, dan brand identity. Digital branding yang meningkat dapat mempengaruhi terbentuknya keputusan pembelian konsumen yang meliputi tiga hal yaitu kemantapan pada sebuah produk kebiasaan dalam membeli produk dan kecepatan dalam membeli sebuah produk. Terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara digital branding Alika_minigoldbogor dalam kegiatan komunikasi pemasaran melalui instagram sebagai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Saran untuk penelitian sebaiknya diharapkan brand identity dan followers pada kegiatan komunikasi pemasaran melalui instagram lebih ditingkatkan lagi, dan sebaiknya Alika_minigoldbogor lebih berinteraksi dengan para followers dan juga konsumen agar dapat terus terjalin interaksi untuk kedepannya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Digital branding, Instagram, Keputusan pembelian konsumen.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 26 Dec 2022 08:51
Last Modified: 26 Dec 2022 08:51
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2276

Actions (login required)

View Item View Item