PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES TWITTER @RACUNLITBASE TERHADAP MINAT BELI BUKU FOLLOWERS

Kaelani, Firman (2022) PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES TWITTER @RACUNLITBASE TERHADAP MINAT BELI BUKU FOLLOWERS. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

FIRMAN KAELANI, Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer, Universitas Djuanda Bogor, 2022. Pengaruh Intensitas Mengakses Twitter @racunlitbase Terhadap Minat Beli Buku Followers. Pembimbing I: Maria Fitriah, S.Sos., M.Si. Pembimbing II: Agustini, Dra., M.Si. Akun Twitter @racunlitbase adalah akun menfess yang menjembatani antara pembeli dan penjual buku. Berdasarkan laporan insight periode Januari 2022, intensitas followers dalam mengakses akun Twitter @racunlitbase mampu mencapai impresi 25,3 juta dengan kenaikan sebesar 28,5% dari bulan sebelumnya. Tidak hanya itu, frekuensi kunjungan profil akun @racunlitbase mencapai 854 ribu kali dengan kenaikan sebesar 54,8%. Capaian tersebut menarik perhatian peneliti untuk melakukan penelitian dengan tiga batasan masalah yaitu mengenai bagaimana intensitas followers dalam mengakses akun Twitter @racunlitbase, bagaimana minat beli buku pada followers akun @racunlitbase, dan bagaimana pengaruh intensitas mengakses Twitter @racunlitbase terhadap minat beli buku followers. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling dengan mengambil sampel secara acak karena setiap followers memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih. Cara yang digunakan adalah menyebarkan link kuesioner di sosial media atau meminta followers aktif Twitter @racunlitbase melalui DM untuk mengisi kuesioner. Teknik pengambilan data terbagi atas dua yakni data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuesioner tertutup yang menggunakan skala Likert dan wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan pada buku, internet, dan lainnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji T dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas followers dalam mengakses Twitter @racunlitbase yang meliputi empat poin penting yaitu perhatian, penghayatan, durasi, dan frekuensi berada dalam kategori baik, begitupun dengan minat beli buku followers yang memiliki empat tahapan dimulai dari kesadaran, ketertarikan, keinginan, dan tindakan juga berada dalam kategori baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara intensitas mengaskes Twitter @racunlitbase terhadap minat beli buku followers. Kesimpulan penelitian ini adalah apabila intensitas mengakses Twitter meningkat maka minat beli buku followers juga akan meningkat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Intensitas, Twitter, Minat Beli, Buku, Followers
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 26 Dec 2022 08:51
Last Modified: 26 Dec 2022 08:51
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2278

Actions (login required)

View Item View Item