STRATEGI KAMPANYE POLITIK DPC PARTAI GERINDRA KOTA BOGOR DALAM MEMBANGUN CITRA/IMAGE POSITIF DI LINGKUNGAN MASYARAKAT PADA PEMILU 2019

Maria Romadhona, Juan (2022) STRATEGI KAMPANYE POLITIK DPC PARTAI GERINDRA KOTA BOGOR DALAM MEMBANGUN CITRA/IMAGE POSITIF DI LINGKUNGAN MASYARAKAT PADA PEMILU 2019. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Juan Maria Romadhona, Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu politik dan Ilmu Komputer Universitas Djuanda Bogor 2022. Strategi Kampanye Politik DPC Partai Gerindra Kota Bogor dalam Membangun Citra/Image Positif Di Lingkungan Masyarakat Pada Pemilu 2019, Pembimbing I : Dr. Ali Alamsyah Kusumadinata, S.P., M.Si. Pembimbing II : Desi Hasbiyah, S.Si., M.IKom. Kegiatan kampanye termasuk kegiatan komunikasi politik yaitu suatu tindakan penyampaian isi pesan politik di dalamnya kepada masyarakat banyak yang bertujuan untuk mendapatkan pencapaian dukungan. Usaha kampanye biasanya dilakukan oleh partai politik yang membentuk tim kampanye untuk melakukan pencapaian suatu proses pengambil keputusan di dalam suatu kelompok. Mereka melakukan perencanaan untuk melancarkan berbagai strategi kampanye termasuk membangun citra/image positif tertentu dalam menarik simpati masyarakat dan reputasi partai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Kampanye Politik dalam Membangun Citra/Image Positif di kalangan masyarakat. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan tipe analisis. Pengumpulan data dalam bentuk wawancara mendalam pada observasi penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Komunikasi Politik dan Strategi kampanye Politik menurut Anwar Arifin (2016), dan teori Membangun Citra/Image dan Reputasi Partai Politik menurut Dedi Kurnia Syah Putra (2015). Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa teknik kampanye yang gilakukan Partai Gerindra dapat dianggap efektif dan juga dapat di anggap kurang efektif. Dikatakan efektif karena kandidat Partai Gerindra tersebut mampu menarik perhatian dan daya tarik masyarakat kepada Partai Gerindra dengan bertemu langsung dan berdialog di lingkungan masyarakat. Kandidat dituntut untuk memiliki nilai-nilai public speaking dan interaksi yang baik kepada masyarakat sehingga tidak menimbulkan kontra kepada masyarakat. Kandidat juga harus mampu mengambil hati masyarakat dengan memiliki ciri yang humble agar masyarakat merasa nyaman dan memiliki kedekatan dengan kandidat tersebut. Namun, dari data yang diperoleh terdapat hanya beberapa anggota yang terpilih dari total 300 orang lebih yang mencalonkan dirinya menjadi anggota DPR se-Jawa Barat. Dikatakan tidak efektif, karena dapat dilihat dari polling suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengalami kegagalan pada tingkat nasional dengan perolehan suara sebesar 45% dan polling suara sebesar 68.359.086 dikalahkan oleh lawan pasangan Joko polling suara sebesar 84.654.894, kemudian kader yang terpilih menjadi kepala daerah Wakil Bupati hanya terpilih satu orang dan bukan perwakilan dari Kota Bogor, melainkan dari Kabupaten Bogor. Upaya membangun citra/image positif di kalangan masyarakat secara terus menerus dengan menjalankan program kerja kegiatan Partai Gerindra dan menerapkan pendidikan politik kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: : Komunikasi Politik, Strategi Kampanye Politik
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 26 Dec 2022 08:50
Last Modified: 26 Dec 2022 08:50
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2281

Actions (login required)

View Item View Item