REPUTASI PERUSAHAAN MELALUI PROGRAM CSR (Corporate Social Responsibility) SEBAGAI MODAL SOSIAL PADA PUBLIK EKSTERNAL DI PT. TIRTA FRESINDO JAYA

Rimal Ilan, Fasifik Setiawan (2022) REPUTASI PERUSAHAAN MELALUI PROGRAM CSR (Corporate Social Responsibility) SEBAGAI MODAL SOSIAL PADA PUBLIK EKSTERNAL DI PT. TIRTA FRESINDO JAYA. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

RIMAL ILAN FASIFIK SETIAWAN, Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Djuanda Bogor, 2022, Reputasi Perusahaan Melalui Program CSR (Corporate Social Responsibility) Sebagai Modal Sosial Pada Publik Eksternal Di PT, Tirta Fresindo Jaya, Pembimbing 1 : Maria Fitriah, S.Sos., M.Si., Pembimbing II : Koesworo Setiawan, S.Sos., M.IK. Lingkungan perusahaan dengan masyarakat merupakan suatu korporasi yang harus berjalan dengan baik dan berkesinambungan dengan masyarakat setempat, langkah yang dilakukan PT. Tirta Fresindo Jaya dalam membangun hubungan dan komunikasi yang baik dengan masyarakat setempat yaitu di adakannya kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility). Adapun kegiatan CSR yang sudah di bangun diantaranya sumur bor untuk keperluan air masyarakat, pembangunan posyandu, steam motor dan program terbaru yaitu PMT (pemberian makanan Tambahan) di posyandu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program CSR PT. Tirta Fresindo Jaya Bogor pada publik eksternal, modal sosial pada publik eksternal dan reputasi perusahaan PT. Tirta Fresindo Jaya dalam pandangan publik eksternal. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. unit analisis data dengan cara menetapkan kriteria responden, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam menyusun laporan ini adalah dengan metode in-depth interview dan metode dokumen Dalam hal ini, unit analisis yang akan dilakukan analisis adalah kelompok/organisasi yaitu PT.Tirta Fresindo Jaya. Dalam hal ini yang menjadi narasumber/responden adalah HUMAS PT Tirta Fresindo Jaya atau disebut Industry Relationship & General Affair (IR&GA), serta masyarakat sekitar yang menjadi delegasi dari warga untuk menjadi penyambung informasi antara masyarakat dan perusahaan. CSR yang dilakukan sangat beragam, diantaranya CSR pengobatan gratis, bedah rumah, pembangunan pos yandu, pos ronda, pembiayaan UMKM steam motor dan lauin lain. Namun CSR difokuskan ke pembangunan usaha UMKM dan pembangunan fasilitas umum yang bersifat membangun masyarakat. Melalui nilai-nilai dan norma yang dituangkan melalui program CSR, perusahaan berharap mendapat kepercayaan dari masyarakat, mampu bekerjasama dengan baik dan berkesinambungan, menciptakan hubungan yang baik dan harmonis. Modal sosial ini lah yang mampu memberi kekuatan dan daya dalam beberapa kondisi-kondisi sosial dalam masyarakat yang kemudian dimanfaatkan perusahaan untuk melaksanakan program CSR. Modal sosial yang didapatkan perusahaan menjadi motivasi perusahaan berbuat lebih banyak kepada warga sekitar perusahaan. dan tentu saja menjadi modal sosial yang baik untuk keberlangsungan operasional perusahaan. perusahaan sangat responsif dengan apa yang dikeluhkan masyarakat dan menerima aspirasi masyarakat pada umumnya sehingga berdampak positif bagi masyarakat dan reputasi perusahaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: CSR (Corporate Social Responsibility), Reputasi Perusahaan, Modal Sosial.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 26 Dec 2022 06:41
Last Modified: 26 Dec 2022 06:41
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2289

Actions (login required)

View Item View Item