PERSEPSI MAHASISWA DI KOTA BOGOR TERHADAP APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TUGAS KULIAH ONLINE DI MASA COVID-19

Ramadhan, Sophi Cahya (2022) PERSEPSI MAHASISWA DI KOTA BOGOR TERHADAP APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TUGAS KULIAH ONLINE DI MASA COVID-19. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Sophi Cahya Ramadan, Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer, Universitas Djuanda, 2022, Persepsi Mahasiswa Di Kota Bogor Terhadap Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Tugas Kuliah Online Di Masa Covid-19, Pembimbing I : Maria Fitriah, S.Sos., M.Si, Pembimbing II : Agustini, Dra., M.Si. Komunikasi memiliki peran penting bagi kehidupan manusia dalam bidang pendidikan. Aplikasi Tik Tok efektif dalam waktu, tempat, mengurangi penyebaran virus covid 19, karena aplikasi Tik Tok dosen dan mahasiswa bertatap muka tidak secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran dalam tugas kuliah online, dan mengetahui persepsi mahasiswa Kota Bogor terhadap aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran online di masa covid 19. Menurut (Walgito, 2010) persepsi merupakan suatu proses pengorganisasian, penginterpretasian terhadap stimulus yang diterima oleh organisme atau individu sehingga menjadi sesuatu yang berarti. Aplikasi Tik Tok Menurut (Arrofi dan Hasfi, 2019) merupakan media sosial baru yang memberi wadah kepada para penggunanya untuk dapat berekspresi mengasah bakat melalui konten video. Dalam Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif, metode penelitian deskriptif kuantitatif. Artinya, peneliti tidak membuat perbandingan variabel itu pada sampel lain dan mencari hubungan variabel itu dengan variabel lain. Penelitian ini menggunakan Analisis Uji Statistik Deskriptif, dan juga Uji Hipotesis Deskriptif yaitu dengan Run Test. Penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling pada Probability Sampling jumlah sampel 105 mahasiswa menggunakan media kuesioner sebagai pengambilan data. Hasil penelitian menunjukan penggunaan Fitur Aplikasi Tik Tok masuk dalam kriteria Sangat Baik. Item Indikator Fitur Halaman Awal (Home) Tik Tok memiliki skor tertinggi kriteria Sangat Baik. Kesimpulan dari penelitian yaitu Persepsi Mahasiswa Kota Bogor Terhadap Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Dan Tugas Kuliah Online Dimasa Covid 19 masuk dalam kriteria Sangat Baik. Indikator Penyerapan Rangsang Dari Luar Individu memiliki skor tertinggi kriteria Sangat Baik. Terdapat beberapa saran yaitu, diharapkan lebih memanfaatkan dari penggunaan fitur yang terdapat di dalam aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran membuat tugas kuliah untuk bisa lebih kreatif, dan diharapkan untuk pengembang aplikasi Tik Tok lebih mengembangkan aplikasinya sehingga persepsi mahasiswa terhadap aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran bisa lebih positif dan bermanfaat dengan baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswa, Media Pembelajaran, Aplikasi Tik Tok
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 26 Dec 2022 07:33
Last Modified: 26 Dec 2022 07:33
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2300

Actions (login required)

View Item View Item