ANALISIS SWOT MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @Gerainusantara_aman SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK MASYARAKAT ADAT

Khoiriya, Umi (2022) ANALISIS SWOT MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @Gerainusantara_aman SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK MASYARAKAT ADAT. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Umi Khoiriya, Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Ilmu Komputer Universitas Djuanda Bogor 2022. Analisis SWOT Instagram @Gerainusantara_aman Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Produk Masyarakat Adat Nusantara, Pembimbing I : Dr. Ali Alamsyah Kusumadinata, S.P., M.Si. Pembimbing II : Desi Hasbiyah, S.Si., M.I.Kom. Selama pandemi COVID 19, pemasaran secara online meningkat secara drastis dipicu oleh penerapan kebijakan Work from Home yang membatasi aktifitas pemasaran secara offline. Gerai Nusantara selama ini juga menggunakan Instagram untuk meningkatkan pemasaran produk masyarakat adat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Instagram @Gerainusantara_aman, sebagai komunikasi pemasaran, belum efektif dalam meningkatkan pemasaran produk masyarakat adat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis SWOT Media Sosial Instagram dan mengetahui postingan konten Instaram @Gerainusantara_aman yang menarik sebagai komunikasi pemasaran produk masyarakat adat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui analisis SWOT terhadap faktor internal (Kelemahan, Kekuatan) dan faktor eksternal (Peluang, Ancaman) dari Instagram @Gerainusantara_aman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram @Gerainusantara_aman memiliki nilai kekuatan lebih kecil dari nilai kelemahan dengan selisih nilai (-) 0.06, serta nilai peluang lebih kecil dari nilai ancaman dengan selisih nilai (-) 0.08. Strategi postingan konten Instagram @Gerainusantara_aman berada pada posisi strategi WT / Diversifikasi, yaitu meminimalisir kelemahan yang ada serta menghindari ancaman. Kesimpulan penelitian adalah sumberdaya manusia dan kualitas konten menjadi kelemahan utama, serta kompetitor dan pemahaman masyarakat tentang product story masih rendah. Strategi konten Instagram @Gerainusantara_aman adalah meningkatkan julah staff/relawan yang terampil dalam produksi konten yang lebih interaktif, informatif, bervariasi dan up to date.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Fitur Instagram; Komunikasi Pemasaran, Analisis SWOT, Produk Masyarakat Adat
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 27 Dec 2022 03:44
Last Modified: 27 Dec 2022 03:44
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2327

Actions (login required)

View Item View Item