STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. TELKOM PADA KUALITAS PELAYANANAN PENDAFTARAN BERLANGGANAN INDIHOME MELALUI APLIKASI MYINDIHOME

Zainia, Lilik (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. TELKOM PADA KUALITAS PELAYANANAN PENDAFTARAN BERLANGGANAN INDIHOME MELALUI APLIKASI MYINDIHOME. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

LILIK ZAINIA, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda 2022. Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Telkom Pada Kualitas Pelayanan Pendaftaran Berlangganan Indihome Melalui Aplikasi Myindihome, Pembimbing I: Agustina Multi Purnomo, S.P., M.Si., Pembimbing II: Dra. Agustini, M.Si. Pokok permasalahan penilian ini ialah, Akses internet sebagai cara berkomunikasi tidak hanya strategis bagi masyarakat, tetapi juga bagi komunikasi antar instansi dalam pemerintah mendorong PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom) sebagai perusahaan telekomunikasi nasional untuk berinvestasi dan berekspansi di dalam pengembangan jaringan internet di Indonesia. Produk IndiHome tidak sendiri dalam upaya memonopoli pangsa pasar, persaingan yang semakin ketat dalam pelayanan berbasis telepon, internet, dan interactive TV ini mendorong IndiHome untuk mengembangkan produk sebagai suatu strategi yang mampu bersaing dengan baik secara harga maupun pelayanan kepada konsumen. Menurut Puspitasari (2019) agar terus dapat meningkatkan pemasaran maka proses monitoring dan evaluasi menjadi sangat penting karena tidak hanya menjadi ajang promosi akan tetapi juga untuk menjaring pelanggan. Salah satu media baru yang digunakan saat ini untuk melayani pendaftaran berlangganan IndiHome adalah aplikasi myIndiHome sebagai salah satu touch point berbentuk digital yang digunakan pelanggan untuk melakukan kontak dengan brand IndiHome selain touch point lainnya yaitu Plasa Telkom, call center, iklan, dan tim penjualan (avenger). Aplikasi myIndiHome ini aplikasi untuk registrasi yang mudah, nyaman, dan dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kualitas pelayanan pendaftaran berlangganan IndiHome melalui aplikasi myIndiHome, 2) Untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan PT. Telkom dari segi strategi pesan, 3) Untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan PT. Telkom dari segi strategi media. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata- kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, informan dan key informan. Hasil dari penelitian ini Peneliti dapat menyimpulkan bahwa 1) Kualitas layanan pendaftaran berlangganan melalui aplikasi myIndiHome dapat dilakukan dengan mudah dilihat dari tampilan aplikasi dimana pelanggan cukup mengikuti langkah-langkah yang terdapat pada aplikasi myIndiHome. Kualitas layanan IndiHome saat ini menjadikan aplikasi myIndiHome sebagai bentuk penyaluran pelayanan yang bermutu untuk memenuhi segala bentuk kebutuhan pelanggan yang mencakup keandalan, ketanggapan, jaminan, kepedulian dan bukti nyata. Selain itu, IndiHome juga menjadikan aplikasi myIndiHome sebagai salah satu cara efektif dan memiliki pengaruh yang sangat besar dengan memanfaatkan seluruh channel pemasaran IndiHome, berupaya melakukan yang terbaik dengan melakukan komunikasi pemasaran yang efektif dan inovatif. Aplikasi myIndiHome menyajikan fitur-fitur lainnya yang sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki pelanggan dalam berlangganan IndiHome demi kepuasan pelanggan. Langkah IndiHome untuk memberikan pelayanan yang bermutu mulai dari segi keandalan, ketanggapan, jaminan, kepedulian dan bukti nyata melalui aplikasi myIndiHome sudah sangat tepat dan sesuai dengan target. Hal ini dapat dilihat dari transaksi pelanggan yang sampai dengan melakukan pembelian berulang melalui aplikasi tersebut. 2) Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan IndiHome Bogor dari segi strategi pesan kreatif melalui daya tarik rasional dan daya tarik emosional sudah dilakukan dengan optimal. Strategi pesan dengan daya tarik rasional, IndiHome mengadakan event, meluncurkan tim penjualan secara door to door yang dapat menarik minat dan mendapatkan pelanggan. Strategi kreatif pemasaran yang telah dilakukan IndiHome Bogor telah menyeluruh dan ditetapkan yang terbaik, baik dari pemasaran yang dilakukan secara terang-terangan maupun pemasaran aktif dan juga pasif yang dimiliki IndiHome. Isi komunikasi yang disampaikan juga sudah memenuhi kebutuhan informasi dan menarik daya minat pelanggan. 3) Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan IndiHome Bogor dari segi strategi media melalui pemilihan media telah dilakukan dengan maksimal, hal ini dapat dilihat dari upaya publisitas IndiHome yang dilakukakan dengan maksimal mulai dari iklan melalui radio dan koran. Selain itu pemilihan media dengan menciptakan aplikasi myIndiHome merupakan hal yang tepat dan efektif. Upaya yang digunakan dalam strategi media ini mendapatkan respon positif dari pelanggan yang juga beriringan dengan kualitas pelayanan yang baik dilihat dari penggunaan pelanggan yang telah melakukan pembelian berulang berupa upgrade paket melalui aplikasi tersebut. IndiHome tidak hanya menyediakan channel yang sudah ada saja seperti Plasa Telkom dan contac center 147, namun IndiHome juga mempunyai media aplikasi myIndiHome yang dapat pelanggan akses kapan saja dan dimana saja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi myIndiHome, Kualitas Pelayanan, dan Strategi komunikasi pemasaran.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:13
Last Modified: 28 Dec 2022 04:13
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2348

Actions (login required)

View Item View Item