ENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN SURAT PINDAH PENDUDUK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BOGOR

Karyadi, Rendi (2022) ENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN SURAT PINDAH PENDUDUK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

RENDI KARYADI, Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda, 2022, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pembuatan Surat Pindah Penduduk Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor, Pembimbing I : Irma Purnamasari, S.Sos., M.Si., Pembimbing II : Drs. Muhamad YGG. Seran, M.Si. Pelaksanaan administrasi yang baik yaitu adanya pengelompokkan masalah atau pekerjaan, baik berdasarkan waktu, jenis pekerjaan ataupun jenis masalah yang akan menunjang tercapainya suatu tujuan yang memuaskan. Rasa puas masyarakat dalam menerima pelayanan publik akan terpenuhi ketika apa yang diberikan oleh petugas pelayanan sesuai dengan apa yang masyarakat harapkan; baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu contoh bentuk pelayanan administrasi yang cukup sering kita temui adalah pelayanan administrasi kependudukan seperti salah satunya pelayanan Surat Pindah Masuk dan Pindah Keluar atau yang lebih dikenal dengan Pindah/Datang. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pembuatan Surat Pindah Penduduk Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian ini hendak menguji hubungan antara variabel X (Kualitas Pelayanan) dan variabel Y (Kepuasan Masyarakat). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket, observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua jenis sampel yaitu pegawai yang berjumlah 9 responden dan masyarakat sebanyak 100 responden yang diambil menggunakan rumus Yamane. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan Surat Pindah Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor menurut responden masyarakat termasuk dalam kriteria penafsiran tinggi dengan hasil skor sebesar 3,99 dan menurut responden pegawai termasuk dalam kriteria penafsiran sangat tinggi dengan hasil skor sebesar 4,20. Sementara untuk kepuasan masyarakat, menurut responden masyarakat termasuk dalam kriteria penafsiran tinggi dengan hasil skor sebesar 3,99 dan menurut responden pegawai termasuk dalam kriteria penafsiran sangat tinggi dengan hasil skor sebesar 4,31. Pada perhitungan koefisien korelasi antara kualitas pelayanan dengan kepuasan masyarakat diperoleh hasil sebesar 0,844 dengan persepsi bahwa terdapat pengaruh sangat kuat antara variabel X (Kualitas pelayanan) dengan variabel Y (Kepuasan Masyarakat) dengan arah yang positif, artinya jika variabel X (Kualitas Pelayanan) naik atau bagus maka akan diikuti dengan naiknya variabel Y (Kepuasan Masyarakat). Pada perhitungan koefisien determinasi menjelaskan bahwa kekuatan pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat yaitu sebesar 71,2% dan sisanya 28,8% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Administrasi Publik
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:05
Last Modified: 29 Dec 2022 03:05
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2389

Actions (login required)

View Item View Item