PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (KK DAN E-KTP) TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN CIJERUK KABUPATEN BOGOR

Nur Azijah, Siti (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (KK DAN E-KTP) TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN CIJERUK KABUPATEN BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

SITI NUR AZIJAH, Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komputer, Universitas Djuanda Bogor, 2022, Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan (KK dan E-KTP) Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor, Pembimbing I : Dr. Hj. Rita Rahmawati, Dra., M.Si., Pembimbing II : Ibu Hj Euis Salbiah, Dra, M.Si. Kualitas pelayanan harus dimulai dari kebutuhan masyarakat dan berakhir dengan kepuasan masyarakat. Hal ini berarti bahwa suatu kualitas yang baik tidak berdasarkan penilaian penyedia jasa, akan tetapi berdasarkan penilaian atau keinginan masyarakat. Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian terhadap tingkat pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan administrasi kependudukan (KK dan E-KTP) terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitas pelayanan menggunakan teori menurut Menurut Zeithaml et al. (dalam Hardiansyah 2018:63), yang menjelaskan ada lima dimensi untuk mengukur kualitas pelayanan. Dimensi-dimensi tersebut antara lain : tangible (berwujud), reliability (kehandalan), responsiviness (respon/ketanggapan), assurance (jaminan), empathy (empati). Adapun teori kepuasan yang digunakan menurut Richard F Gerson (Kasmir 2017) yang menjelaskan ada tujuh dimensi, antara lain : mempelajari persepsi pelanggan terhadap jasa yang di tawarkan, menentukan kebutuhan, keinginan, persyaratan dan harapan pelanggan., menutup segala kesenjangan yang ada, peningkatan mutu pelayanan dan kepuasan pelanggan sesuai harapan atau tidak, mengukur peningkatan kinerja apakah meningkatkan kualitas ,mempelajari bagaimana akan melakukan sesuatu dan apa yang harus di lakukan kemudian, menerapkan proses perbaikan yang berkesinambungan. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif assosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, penyebaran kuesioner, wawancara tidak terstruktur dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah uji validitas dan reabilitas, uji linearitas, uji normalitas, korelasi produk moment, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. Hal tersebut dapat dilihat dari Nilai nilai r hitung (pearson Correlations) nya yaitu 0,310 ≥ r tabel 0,207 maka terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan masyarakat. Sesuai dengan tabel uji T diperoleh nilai signifikasi pengaruh kualitas pelayanan (x) terhadap kepuasan masyarakat (y) adalah 0,002 < 0,05 dan nilai t hitung 3,111 > nilai t tabel 1,985 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan masyarakat secara signifikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Administrasi Publik
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:14
Last Modified: 29 Dec 2022 03:14
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2392

Actions (login required)

View Item View Item